Bahasa Indonesia SD
Kelas
PJKR-D
Oleh:
Shouki Nurfarid A. H
2101000510637
JURUSAN PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU EKSAKTA DAN KEOLAHRAGAAN
IKIP BUDI UTOMO MALANG
2013
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI
DASAR
BAHASA INDONESIA
SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)
KELAS: I
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
1.
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa
bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di
tengah keberagaman bahasa daerah.
1.2 Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas
penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar.
|
1.1.1
Mendengarkan cerita-cerita para Nabi dan Rasul.
1.1.2
Menulis tentang ibadah yang dilakukan siswa setiap hari sesuai dengan
agama yang dianutnya.
1.2.1
Membaca cerita tentang penciptaan alam.
1.2.2
Berbicara tentang keberagaman bahasa dan ciptaan Tuhan lainnya.
|
2.
Memiliki perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu
terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia dan/atau bahasa daerah.
2.2 Memiliki rasa percaya diri terhadap keberadaan
tubuh melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
2.3 Memiliki perilaku santun dan sikap kasih
sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
2.4 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab merawat
tubuh agar sehat dan bugar melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau
bahasa daerah.
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal
kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasa daerah.
|
2.1.1
Mendengarkan cerita yang berpesan akhlaq mulia.
2.2.1
Membaca tulisan percakapan tentang akhlaq terpuji.
2.3.1
Menulis tentang akhlaq terpuji yang diketahui siswa
2.4.1
Berbicara tentang jenis-jenis olahraga yang sering dilakukan siswa.
2.4.2
Membaca cerita tentang tanggungjawab.
2.5.1
Mendengarkan kisah-kisah religi yang berperilaku santun dan jujur.
|
3.
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
|
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh
dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan
bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2 Menegenal teks petunjuk/arahan tentang
perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan
bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3 Mengenal teks terima kasih tentang sikap kasih
sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.4 Mengenal teks cerita diri/personal tentang
keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman.
3.5 Mengenal teks diagram/label tentang anggota
keluarga dan kerabat dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman
|
3.1.1
Membaca dan memahami teks yang menggambarkan tentang fenomena alam.
3.2.1
Mendengarkan teks yang menggambarkan tentang manfaat olahraga.
3.3.1
Berbicara tentang pentingnya ucapan terimakasih disertai rasa kasih
sayang kepada semua manusia.
3.4.1
Menulis tentang diri sendiri terhadap keberadaan di keluarga.
3.4.2
Mendengarkan cerita teman tentang tulisan keberadaannya di keluarganya.
3.5.1
Membaca dan memahami teks yang
bergambar diagram atau label yang berisi nama-nama anggota keluarga.
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif
tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa
siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.2 Mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang
merawat tubuh serta kesehatan dan kebugaran tubuh secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian
4.3 Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap
kasih sayang secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang
keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian
4.5 Membuat teks diagram/label tentang anggota
keluarga dan kerabat secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
|
4.1.1
Mendengarkan dan memahami cerita tentang macam-macam anggota tubuh.
4.2.1
Membaca teks yang berisi tentang kesehatan.
4.3.1
Berbicara tentang akhlaq terpuji yang harus dilakukan.
4.4.1
Berbicara tentang keluarga siswa sendiri.
4.5.1
Menulis dan menggambar diagram atau label tentang keluarga siswa sendiri.
|
KELAS: II
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
1.
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa
bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di
tengah keberagaman bahasa daerah
1.2 Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas
keberadaan keluarga serta penciptaan hewan dan tumbuhan
|
1.1.1
Membaca cerita tentang kisah-kisah para wali.
1.1.2
Mendengarkan cerita tentang kisah-kisah pahlawan.
1.2.1
Menulis tentang sifat-sifat Tuhan Yang Maha Esa.
1.2.2
Berbicara tentang keluarga siswa sendiri dan hewan yang dimiliki siswa.
|
2.
Memiliki perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu
terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.2 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal
kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasa daerah
2.3 Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab
terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.4 Memiliki rasa percaya diri terhadap keberadaan
alam dan penampakannya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa
daerah
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam
percakapan tentang hidup rukun dalam kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan
bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
|
2.2.1
Membaca teks yang bercerita tentang bumi.
2.2.1
Mendengarkan cerita tentang akhlaq terpuji dan permainan tradisional.
2.3.1
Menulis macam-macam sifat terpuji dan menulis nama-nama anggota keluarga
yang berada pada kartu keluarga.
2.4.1
Berbicara di depan tentang lingkungan sekitar rumahnya.
2.5.1
Berbicara di depan tentang lingkungan rumah dan sifat-sifat sosial di
dalam keluarga.
|
3.
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta
menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah
|
3.1 Mengenal teks laporan sederhana tentang alam
sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan
dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan
anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.4 Mengenal teks lirik puisi tentang alam semesta
dan penampakannya dengan bantuan guru
atau teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap
hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman
|
3.1.1
Mendengarkan dan membaca tentang berbagai bentuk teks laporan
3.2.1
Mendengarkan dan mencari cerita dongeng-dongeng.
3.2.2
Berbicara tentang dongeng-dongeng yang pernah dibaca siswa.
3.3.1
Menulis jenis-jenis buku harian keluarga dan dokumen-dokumen penting.
3.4.1
Mendengarkan puisi tentang bumi.
3.4.2
Membaca didepan kelas puisi tentang alam.
3.4.3
Menulis puisi tentang lingkungan rumah siswa.
4.1.2
Menulis surat permuntaan maaf.
4.1.3
Mendengarkan dialog cerita yang diperagakan teman tentang meminta maaf.
|
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan
sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang
kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian
4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang
kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.4 Melantunkan dan menyajikan teks lirik puisi
tentang alam semesta dan penampakannya secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap
hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian
|
4.1.1
Membaca isi teks laporan sederhana tentang lingkungan.
4.1.2
Mendengarkan cerita tentang lingkungan.
4.2.1
Menulis berbagai dongeng yang pernah dibaca.
4.2.2
Berbicara tentang dongeng-dongeng dan memperagakannya.
4.3.1
Menulis kegiatan harian keluarga siswa.
4.3.2
Berbicara tentang kegiatan keluarga yang telah ditulisnya.
4.4.1
Membaca puisi tentang alam yang telah disajikan guru.
4.4.2
Mendengarkan siswa yang lain membaca puisi tentang alam.
4.5.1
Membaca dialog tentang permintaan maaf.
4.5.2
Menulis cara-cara meminta maaf yang santun.
|
KELAS: III
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
1.
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa
berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana
belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
1.2 Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat,
benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta
|
1.1.1
Mendengarkan cerita guru tentang makna pancasila.
1.1.2
Berbicara tentang isi dari pancasila.
1.2.1
Mendengarkan tentang cerita jenis-jenis makhluk hidup.
1.2.2
Menulis berbagai manfaat tentang diciptakannya makhluk hidup atau suatu
benda.
|
2.
Memiliki perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
|
2.1 Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab
terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam
semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.2 Memiliki
kedisiplinan dan tanggung jawab untuk hidup sehat serta merawat hewan
dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.3 Memiliki perilaku santun dan jujur terhadap
perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan
sosial di daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.4 Memiliki rasa percaya diri dan kepedulian
terhadap kondisi alam dan lingkungan sosial melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.5 Memiliki kepedulian terhadap kehidupan hewan
dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
|
2.1.1
Mendengarkan cerita tentang Sumber Daya Alam di Indonesia.
2.1.2
Menulis berbagai macam Sumber Daya Alam di Indonesia/
2.2.1
Menulis pengalaman siswa ketika sakit.
2.2.2
Berbicara tentang pengalaman siswa ketika sakit.
2.3.1
Berbicara tentang teknologi yang dikatahui oleh siswa.
2.3.2
Membaca tentang berbagai manfaat teknologi.
2.4.1
Membaca teks tentang kondisi alam sekitar.
2.4.2
Menulis masalah-masalah alam yang diketahui siswa.
2.4.3
Berbicara tentang masalah-masalah alam.
2.5.1
Membaca cerita tentang hewan yang sakit dan kebakaran hutan.
2.5.2
Berbicara tentang pengalaman siswa ketika memiliki hewan yang sakit.
|
3.
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta
menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah, dan tempat bermain
|
3.1 Menggali informasi dari teks laporan
informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi,
perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan
perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman
3.2 Menguraikan teks arahan/petunjuk tentang
perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan
tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.3 Mengemukakan isi teks surat tanggapan pribadi
tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta
permasalahan dan lingkungan sosial di daerah dengan bantuan guru dan teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.4 Menggali informasi dari teks dongeng tentang
kondisi alam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman
3.5 Menggali informasi dari teks permainan/dolanan
daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman
|
3.1.1
Membaca teks yang berisi tentang bentuk bumi dan isi bumi.
3.1.2
Mendengarkan cerita tentang bencana alam.
3.2.1
Membaca teks yang berisi tentang cara merawat hewan, tumbuhan, dan
pengembangbiakan tanaman.
3.2.2
Mendengarkan cerita siswa yang memiliki pengalaman berkebun atau merawat
hewan peliharaannya
3.3.1
Berbicara tentang pengalaman siswa saat berpergian dengan mengendarai
kendaraan tertentu.
3.3.2
Menulis semua alat transportasi yang dimiliki siswa dirumah.
3.3.3
Menulis jenis-jenis alat komunikasi yang dimiliki siswa.
3.4.1
Mendengarkan cerita dongeng tentang kondisi dan kejadian alam.
3.4.2
Menulis semua bencana alam yang diketahui siswa.
3.5.2
Membaca teks yang berisi tentangpermainan tradisional.
3.5.3
Menulis permainan daerah yang pernah dimainkannya.
|
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Mengamati dan mengolah isi teks laporan
informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi,
perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan
perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.2 Menerangkan dan mempraktikkan teks
arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan
dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.3 Mengolah dan menyajikan teks surat tanggapan
pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi
serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.4 Menyampaikan teks dongeng tentang kondisi alam
dalam bentuk permainan peran secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.5 Mendemonstrasikan teks permainan/dolanan
daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian
|
4.1.1
Menulis tentang laporan observasi yang ada pada buku paket mengenai bumi
dan semua isinya.
4.1.2
Berbicara tentang iklim dan cuaca yang diketahui siswa.
4.2.1
Berbicara tentang cara merawat hewan, tumbuhan yang pernah dialami siswa.
4.2.2
Mendengarkan cerita siswa tentang pengalamannya merawat hewan, tumbuhan
yang pernah dialami siswa.
4.4.1
Membaca contoh surat yang telah disediakan.
4.4.2
Mendengarkan teman yang membaca surat di depan.
4.4.3
Menulis surat sesuai dengan sistematikanya.
4.4.4
Berbicara tentang surat yang pernah siswa temui.
4.4.1
Membaca teks yang berisi dongeng tentang alam.
4.4.2
Mendengarkan dongengan dari guru atau teman yang membacanya.
4.5.1
Membaca teks tentang permainan daerah.
4.5.2
Berbicara tentang permainan daerah yang pernah dimainkannya.
|
KELAS: IV
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
1.
Menerima, menghargai,
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa
berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai bahasa persatuan yang kokoh dan
sarana belajar untuk memperoleh ilmu pengetahuan
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang
Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi
modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta permasalahan
sosial
|
1.1.1
Mendengarkan guru yang menjelaskan beragam bahasa di Indonesia, karena
atas kehendak Tuhan.
1.1.2
Menulis tentang apa yang diketahui siswa tentang Indonesia.
1.2.1
Berbicara tentang ucapan rasa syukur yang diajarkan orang-orang
sekitarnya.
1.2.2
Menulis jenis-jenis sumber daya alam yang diketahui siswa.
|
2.
Memiliki perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
|
2.1 Memiliki kepedulian terhadap gaya, gerak,
energi panas, bunyi, cahaya, dan energi alternatif melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia
2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab terhadap penggunaan alat
teknologi modern dan tradisional,
proses pembuatannya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.3 Memiliki perilaku santun dan jujur tentang
jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.4 Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan
sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.5 Memiliki perilaku jujur dan santun terhadap
nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia
|
2.1.1
Mendengarkan cerita tentang pentingnya sumber daya alam bagi kehidupan.
2.2.1
Menulis tentang manfaat teknologi bagi kehidupan yang siswa ketahui.
2.2.2
Membaca tulisannya tentang manfaat teknologi bagi kehidupan yang siswa
ketahui.
2.3.1
Menulis dan berbicara tentang jenis-jenis pekerjaan yang diketahui siswa.
2.4.1
Mendengarkan tentang pentingnya pemnfaatan sumber daya alam dengan cara
yang baik.
2.5.1
Mendengarkan cerita peninggalan hindu buda di Indonesia.
2.5.2
Menulis dan berbicara tentang benda peninggalan hindu budha di Indonesia
yang siswa ketahui.
|
3.
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta
menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah, dan tempat bermain
|
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil
pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku
3.2 Menguraikan teks instruksi tentang
pemeliharaan pancaindera serta penggunaan alat teknologi modern dan
tradisional dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku
3.3 Menggali informasi dari teks wawancara tentang
jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku
3.4 Menggali informasi dari teks cerita
petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku
3.5 Menggali informasi dari teks ulasan buku
tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
|
3.1.1
Membaca dan memahami contoh teks laporan pengamatan.
3.1.2
Menulis dan membaca hasil pengamatan siswa tentang energi panas bumi dan
sumber daya lainnya.
3.2.2
Mendengarkan cerita tentang pemeliharaan panca indera dan kesehatan
tubuh.
3.2.3
Menuliskan tentang manfaat teknologi bagi kehidupan yang siswa ketahui.
3.3.1
Membaca teks informasi wawancara tentang pekerjaan.
3.3.2
Menulis manfaat dari salah satu jenis pekerjaan.
3.4.1
Menulis cerita yang pernah dialami siswa ketika melihat lingkungan
pegunungan.
3.4.2
Berbicara tentang tulisan siswa yang berisi lingkungan pegunungan.
3.5.1
Mendengarkan guru berbicara tentang sejarah peninggalan hindu budha di
Indonesia.
3.5.2
Membaca dan memahami tentang teks yang berisi sejarah peninggalan hindu
budha.
|
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks
laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata
baku
4.2 Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk
tentang pemeliharaan pancaindera serta penggunaan alat teknologi modern dan
tradisional secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
4.3 Mengolah dan menyajikan teks wawancara tentang
jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang
lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.5 Mengolah dan menyajikan teks ulasan buku
tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku
|
4.1.1
Membaca tentang contoh laporan pengamatan tentang gaya.
4.1.2
Menulis laporan pengamatan tentang gerak.
4.1.3
Berbicara tentang laporan pengamatan tentang bunyi.
4.2.1
Berbicara tentang manfaat panca indera bagi tubuh.
4.2.2
Menulis tentang jenis alat teknologi modern yang diketahui siswa.
4.3.1
Menulis pertanyaan wawancara tentang pekerjaan seseorang.
4.3.2
Berbicara dengan menanyai seseorang tertang pekerjaannya.
4.4.1
Menulis tentang macam tempat wisata yang pernah dikunjungi siswa.
4.4.2
Membaca tulisan siswa tentang tempat wisata yang pernah dikunjunginya.
4.5.1 Menulis dan merangkumtulisan yang ada pada
buku tentang peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia,
(serta membacanya).
|
KELAS: V
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
1.
Menerima, menghargai,
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Meresapi makna anugerah berupa bahasa
Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul, daripada bahasa lain
untuk memperoleh ilmu pengetahuan
1.2 Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas
keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam
|
1.1.1
Mendengarkan dan memahami cerita tentang anugerah-anugerah dari Tuhan
Yang Maha Esa.
1.2.1
Menulis tentang makna pancasila dan pentingnya lingkungan yang bersih.
|
2.
Memiliki perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta
tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
|
2.1 Memiliki kepedulian dan tanggung jawab
terhadap makanan dan rantai makanan
serta kesehatan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.2 Memiliki perilaku jujur dan disiplin tentang
proses daur air rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia,
hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan melalui pemanfaatan
bahasa Indonesia
2.3 Memiliki perilaku santun dan jujur serta bertanggung
jawab dan disiplin tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.4 Memiliki kepedulian, tanggung jawab, dan rasa
cinta tanah air terhadap bencana alam dan keseimbangan ekosistem serta
kehidupan berbangsa dan bernegara melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.5 Memiliki rasa percaya diri dan cinta tanah air
tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia
|
2.1.1
Mendengarkan cerita tentang rantai makanan dalam kehidupan.
2.1.2
Membaca teks tentang pentingnya kesehatan.
2.2.1
Mendengarkan penjelasan tentang proses daur air rangkaian listrik, sifat
magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem
pernapasan.
2.3.1
Mendengarkan dan menulis tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi
antar bangsa yang dijelaskan guru.
2.4.1
Menulis nama-nama pahlawan yang diketahui oleh siswa.
2.4.2
Berbicara didepan tentang bencana alam yang diketahui oleh siswa.
2.5.1
Mendengarkan cerita tentang sejarah perkembangan kerajaan Islam di
Indonesia.
2.5.2
Membaca dan menulis macam-macam nama kerajaan islam di Indonesia.
|
3.
Memahami pengetahuan
faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat,
membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku
tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan
ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses
daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan,
tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku
3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan tentang
ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku
3.4 Menggali informasi dari teks pantun dan syair
tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara dengan bantuan
guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku
3.5 Menggali informasi dari teks cerita narasi
sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku
|
3.1.1
Membaca contoh teks laporan mengenai makanan dan rantai makanan,
kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan
manusia.
3.1.2
Menulis manfaat dari keseimbangan ekosistem yang diketahui siswa.
3.2.1
Mendengarkan penjelasan tentang proses rangkaian listrik dan sifat magnet
oleh guru.
3.2.2
Menulis rangkuman dari penjelasan tentang proses rangkaian listrik dan
sifat magnet oleh guru.
3.3.1
Mencari dan menulis iklan tentang ekspor impor di surat kabar.
3.4.1
Membaca dan memahami pantun dan syair tentang bencana alam.
3.5.1
Membaca cerita sejarah perkembangan kerajaan Islam.
3.5.2
Mendengarkan cerita teman tentang sejarah perkembangan kerajaan Islam.
|
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis,
dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks
laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia,
keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku
4.2 Menyampaikan teks penjelasan tentang proses
daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan,
tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.3 Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor
impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4 Melantunkan dan menyajikan teks pantun dan
syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku
4.5 Mengolah dan menyajikan teks cerita narasi
sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku
|
4.1.1
Membaca dan memahami tentang makanan dan rantai makanan.
4.1.2
Menulis tentang makanan kesukaan siswa.
4.2.1
Berbicara tentang salah satu dari roses daur air, rangkaian listrik,
sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta
sistem pernapasan (yang diketahui siswa).
4.3.1
Menulis iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi dunia.
4.4.1
Membaca teks pantun atau syair tentang bencana alam di depan kelas.
4.5.1
Membaca dan menulis tentang cerita sejarah perkembangan kerajaan Islam di
Indonesia yang ada dibuku untuk dipahami dan berbicara di depan kelas.
|
KELAS: VI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
1.
Menerima, menghargai,
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa
berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada
bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
1.2 Meresapi makna anugerah Tuhan yang Maha Esa
atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan
perubahannya, serta tata surya
|
1.1.1
Mendengarkan dan memahami anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa
Indonesia.
1.2.1
Mendengarkan makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri
khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta
tata surya yang dijelaskan guru.
|
2.
Memiliki perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah
air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
|
2.1 Memiliki kepedulian dan tanggung jawab tentang
ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.2 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu
tentang perubahan benda dan hantaran panas, energi listrik dan perubahannya,
serta tata surya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.3 Memiliki sikap disiplin dan rasa cinta tanah
air terhadap sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.4 Memiliki kesetiaan, dan kebanggaan terhadap
keutuhan wilayah nusantara Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
|
2.1.1
Membaca dan memahami tentang arti tanggung jawab.
2.2.1
Mendengarkan penjelasan tentang perubahan benda dan hantaran panas,
energi listrik dan perubahannya, serta tata surya oleh guru.
2.3.1
Menulis sikap-sikap yang menandakan rasa cinta tanah air terhadap sistem
pemerintahan serta layanan masyarakat daerah.
2.4.1
Membaca teks tentang kesetiaan, dan kebanggaan terhadap keutuhan wilayah
nusantara Indonesia.
|
3.
Memahami pengetahuan
faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat,
membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
3.1 Menggali informasi dari teks laporan
investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran
dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam ahasa Indonesia lisan dan
tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan (eksplanasi)
ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi
listrik dan perubahannya, serta tata surya dengan bantuan guru dan teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata
baku
3.3 Menguraikan isi teks pidato persuasif tentang
cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
3.4 Menggali informasi dari teks cerita fiksi
sejarah tentang keutuhan wilayah nusantara Indonesia dan hubungannya dengan
negara tetangga dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
|
3.1.1
Mendengarkan dan membaca tentang teks laporan investigasi tentang ciri
khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan.
3.2.1
Berbicara tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas,
energi listrik dan perubahannya, serta tata surya sesuai pengetahuan siswa.
3.3.2
Menulis isi teks pidato persuasif tentang cinta tanah air dan sistem
pemerintahan serta layanan masyarakat daerah.
3.4.1
Membaca dan merangkum tentang teks cerita fiksi sejarah tentang keutuhan
wilayah nusantara Indonesia yang berada dalam buku.
|
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis,
dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks
laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta
campuran dan larutan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.2 Menyajikan teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah
tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik
dan perubahannya, serta tata surya secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.3 Menyampaikan teks pidato persuasif tentang
cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku
4.4 Mengolah dan menyajikan teks cerita fiksi
sejarah tentang keutuhan wilayah nusantara Indonesia dan hubungannya dengan
negara tetangga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
|
4.1.1
Membaca tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran
dan larutan.
4.1.2
Berbicara tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta
campuran dan larutan yang diketahui.
4.2.1
Menulis atau merangkum teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang
penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan
perubahannya, serta tata surya yang berada pada buku.
4.3.1
Berbicara dengan intonasi yangbaik tentang pidato persuasif tentang cinta
tanah air dan sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah.
4.4.1
Membaca teks cerita fiksi sejarah tentang keutuhan wilayah nusantara
Indonesia dan hubungannya dengan negara tetangga.
4.4.2
Menulis rangkuman teks cerita fiksi sejarah tentang keutuhan wilayah
nusantara Indonesia dan hubungannya dengan negara tetangga.
4.4.3
Berbicara tentang teks cerita fiksi sejarah tentang keutuhan wilayah
nusantara Indonesia dan hubungannya dengan negara tetangga.
|
0 komentar: