Saturday 25 March 2017

SILABUS BAHASA INDONESIA SD

Bahasa Indonesia SD









Kelas PJKR-D


Oleh:
Shouki Nurfarid A. H
2101000510637



JURUSAN PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU EKSAKTA DAN KEOLAHRAGAAN
IKIP BUDI UTOMO MALANG
2013



 

 

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

BAHASA INDONESIA

SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)


KELAS: I

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.

1.2       Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar.
1.1.1        Mendengarkan cerita-cerita para Nabi dan Rasul.
1.1.2        Menulis tentang ibadah yang dilakukan siswa setiap hari sesuai dengan agama yang dianutnya.


1.2.1        Membaca cerita tentang penciptaan alam.
1.2.2        Berbicara tentang keberagaman bahasa dan ciptaan Tuhan lainnya.
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.1       Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
2.2       Memiliki rasa percaya diri terhadap keberadaan tubuh melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
2.3       Memiliki perilaku santun dan sikap kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
2.4       Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab merawat tubuh agar sehat dan bugar melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
2.5       Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
2.1.1        Mendengarkan cerita yang berpesan akhlaq mulia.



2.2.1        Membaca tulisan percakapan tentang akhlaq terpuji.



2.3.1        Menulis tentang akhlaq terpuji yang diketahui siswa

2.4.1        Berbicara tentang jenis-jenis olahraga yang sering dilakukan siswa.
2.4.2        Membaca cerita tentang tanggungjawab.


2.5.1        Mendengarkan kisah-kisah religi yang berperilaku santun dan jujur.
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
3.1       Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.2       Menegenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3       Mengenal teks terima kasih tentang sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.4       Mengenal teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.

3.5       Mengenal teks diagram/label tentang anggota keluarga dan kerabat dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.1.1        Membaca dan memahami teks yang menggambarkan tentang fenomena alam.






3.2.1        Mendengarkan teks yang menggambarkan tentang manfaat olahraga.






3.3.1        Berbicara tentang pentingnya ucapan terimakasih disertai rasa kasih sayang kepada semua manusia.


3.4.1        Menulis tentang diri sendiri terhadap keberadaan di keluarga.
3.4.2        Mendengarkan cerita teman tentang tulisan keberadaannya di keluarganya.


3.5.1        Membaca dan memahami  teks yang bergambar diagram atau label yang berisi nama-nama anggota keluarga.
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.2       Mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang merawat tubuh serta kesehatan dan kebugaran tubuh secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.3       Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.4       Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis  yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.5       Membuat teks diagram/label tentang anggota keluarga dan kerabat secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.1.1        Mendengarkan dan memahami cerita tentang macam-macam anggota tubuh.





4.2.1        Membaca teks yang berisi tentang kesehatan.






4.3.1        Berbicara tentang akhlaq terpuji yang harus dilakukan.




4.4.1        Berbicara tentang keluarga siswa sendiri.




4.5.1        Menulis dan menggambar diagram atau label tentang keluarga siswa sendiri.


KELAS: II

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
1.2       Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan dan tumbuhan
1.1.1        Membaca cerita tentang kisah-kisah para wali.
1.1.2        Mendengarkan cerita tentang kisah-kisah pahlawan.


1.2.1        Menulis tentang sifat-sifat Tuhan Yang Maha Esa.
1.2.2        Berbicara tentang keluarga siswa sendiri dan hewan yang dimiliki siswa.
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
2.1       Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.2       Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.3       Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.4       Memiliki rasa percaya diri terhadap keberadaan alam dan penampakannya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.5       Memiliki perilaku santun dan jujur dalam percakapan tentang hidup rukun dalam kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.2.1        Membaca teks yang bercerita tentang bumi.




2.2.1        Mendengarkan cerita tentang akhlaq terpuji dan permainan tradisional.

2.3.1        Menulis macam-macam sifat terpuji dan menulis nama-nama anggota keluarga yang berada pada kartu keluarga.



2.4.1        Berbicara di depan tentang lingkungan sekitar rumahnya.


2.5.1        Berbicara di depan tentang lingkungan rumah dan sifat-sifat sosial di dalam keluarga.
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
3.1       Mengenal teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.2       Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia  lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.3       Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.4       Mengenal teks lirik puisi tentang alam semesta dan penampakannya  dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia  lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.5       Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.1.1        Mendengarkan dan membaca tentang berbagai bentuk teks laporan






3.2.1        Mendengarkan dan mencari cerita dongeng-dongeng.
3.2.2        Berbicara tentang dongeng-dongeng yang pernah dibaca siswa.



3.3.1        Menulis jenis-jenis buku harian keluarga dan dokumen-dokumen penting.






3.4.1        Mendengarkan puisi tentang bumi.
3.4.2        Membaca didepan kelas puisi tentang alam.
3.4.3        Menulis puisi tentang lingkungan rumah siswa.


4.1.2        Menulis surat permuntaan maaf.
4.1.3        Mendengarkan dialog cerita yang diperagakan teman tentang meminta maaf.
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Mengamati dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.2       Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.3       Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia  lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.4       Melantunkan dan menyajikan teks lirik puisi tentang alam semesta dan penampakannya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.5       Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.1.1        Membaca isi teks laporan sederhana tentang lingkungan.
4.1.2        Mendengarkan cerita tentang lingkungan.





4.2.1        Menulis berbagai dongeng yang pernah dibaca.
4.2.2        Berbicara tentang dongeng-dongeng dan memperagakannya.



4.3.1        Menulis kegiatan harian keluarga siswa.
4.3.2        Berbicara tentang kegiatan keluarga yang telah ditulisnya.



4.4.1        Membaca puisi tentang alam yang telah disajikan guru.
4.4.2        Mendengarkan siswa yang lain membaca puisi tentang alam.



4.5.1        Membaca dialog tentang permintaan maaf.
4.5.2        Menulis cara-cara meminta maaf yang santun.


KELAS: III

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
1.           Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
1.2       Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa  atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta
1.1.1        Mendengarkan cerita guru tentang makna pancasila.
1.1.2        Berbicara tentang isi dari pancasila.


1.2.1        Mendengarkan tentang cerita jenis-jenis makhluk hidup.
1.2.2        Menulis berbagai manfaat tentang diciptakannya makhluk hidup atau suatu benda.
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.2       Memiliki  kedisiplinan dan tanggung jawab untuk hidup sehat serta merawat hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.3       Memiliki perilaku santun dan jujur terhadap perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan sosial di daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.4       Memiliki rasa percaya diri dan kepedulian terhadap kondisi alam dan lingkungan sosial melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.5       Memiliki kepedulian terhadap kehidupan hewan dan tumbuhan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.1.1        Mendengarkan cerita tentang Sumber Daya Alam di Indonesia.
2.1.2        Menulis berbagai macam Sumber Daya Alam di Indonesia/

2.2.1        Menulis pengalaman siswa ketika sakit.
2.2.2        Berbicara tentang pengalaman siswa ketika sakit.

2.3.1        Berbicara tentang teknologi yang dikatahui oleh siswa.
2.3.2        Membaca tentang berbagai manfaat teknologi.



2.4.1        Membaca teks tentang kondisi alam sekitar.
2.4.2        Menulis masalah-masalah alam yang diketahui siswa.
2.4.3        Berbicara tentang masalah-masalah alam.
2.5.1        Membaca cerita tentang hewan yang sakit dan kebakaran hutan.
2.5.2        Berbicara tentang pengalaman siswa ketika memiliki hewan yang sakit.
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.2       Menguraikan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.3       Mengemukakan isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.4       Menggali informasi dari teks dongeng tentang kondisi alam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa  Indonesia  lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.5       Menggali informasi dari teks permainan/dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.1.1        Membaca teks yang berisi tentang bentuk bumi dan isi bumi.
3.1.2        Mendengarkan cerita tentang bencana alam.








3.2.1        Membaca teks yang berisi tentang cara merawat hewan, tumbuhan, dan pengembangbiakan tanaman.
3.2.2        Mendengarkan cerita siswa yang memiliki pengalaman berkebun atau merawat hewan peliharaannya


3.3.1        Berbicara tentang pengalaman siswa saat berpergian dengan mengendarai kendaraan tertentu.
3.3.2        Menulis semua alat transportasi yang dimiliki siswa dirumah.
3.3.3        Menulis jenis-jenis alat komunikasi yang dimiliki siswa.

3.4.1        Mendengarkan cerita dongeng tentang kondisi dan kejadian alam.
3.4.2        Menulis semua bencana alam yang diketahui siswa.



3.5.2        Membaca teks yang berisi tentangpermainan tradisional.
3.5.3        Menulis permainan daerah yang pernah dimainkannya.
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia  lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.2       Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman secara mandiri dalam bahasa Indonesia  lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.3       Mengolah dan menyajikan teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta permasalahan dan lingkungan sosial di daerah secara mandiri dalam  bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.4       Menyampaikan teks dongeng tentang kondisi alam dalam bentuk permainan peran secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.5       Mendemonstrasikan teks permainan/dolanan daerah tentang kehidupan hewan dan tumbuhan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.1.1        Menulis tentang laporan observasi yang ada pada buku paket mengenai bumi dan semua isinya.
4.1.2        Berbicara tentang iklim dan cuaca yang diketahui siswa.






4.2.1        Berbicara tentang cara merawat hewan, tumbuhan yang pernah dialami siswa.
4.2.2        Mendengarkan cerita siswa tentang pengalamannya merawat hewan, tumbuhan yang pernah dialami siswa.



4.4.1        Membaca contoh surat yang telah disediakan.
4.4.2        Mendengarkan teman yang membaca surat di depan.
4.4.3        Menulis surat sesuai dengan sistematikanya.
4.4.4        Berbicara tentang surat yang pernah siswa temui.




4.4.1        Membaca teks yang berisi dongeng tentang alam.
4.4.2        Mendengarkan dongengan dari guru atau teman yang membacanya.


4.5.1        Membaca teks tentang permainan daerah.
4.5.2        Berbicara tentang permainan daerah yang pernah dimainkannya.


KELAS: IV

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai bahasa persatuan yang kokoh dan sarana belajar untuk memperoleh ilmu pengetahuan
1.2       Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta permasalahan sosial
1.1.1        Mendengarkan guru yang menjelaskan beragam bahasa di Indonesia, karena atas kehendak Tuhan.
1.1.2        Menulis tentang apa yang diketahui siswa tentang Indonesia.

1.2.1        Berbicara tentang ucapan rasa syukur yang diajarkan orang-orang sekitarnya.
1.2.2        Menulis jenis-jenis sumber daya alam yang diketahui siswa.
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Memiliki kepedulian terhadap gaya, gerak, energi panas, bunyi, cahaya, dan energi alternatif melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.2       Memiliki kedisiplinan dan  tanggung jawab terhadap penggunaan alat teknologi modern dan tradisional,  proses pembuatannya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia

2.3       Memiliki perilaku santun dan jujur tentang jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.4       Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.5       Memiliki perilaku jujur dan santun terhadap nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.1.1        Mendengarkan cerita tentang pentingnya sumber daya alam bagi kehidupan.


2.2.1        Menulis tentang manfaat teknologi bagi kehidupan yang siswa ketahui.
2.2.2        Membaca tulisannya tentang manfaat teknologi bagi kehidupan yang siswa ketahui.
2.3.1        Menulis dan berbicara tentang jenis-jenis pekerjaan yang diketahui siswa.

2.4.1        Mendengarkan tentang pentingnya pemnfaatan sumber daya alam dengan cara yang baik.
2.5.1        Mendengarkan cerita peninggalan hindu buda di Indonesia.
2.5.2        Menulis dan berbicara tentang benda peninggalan hindu budha di Indonesia yang siswa ketahui.
3.           Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.2       Menguraikan teks instruksi tentang pemeliharaan pancaindera serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia  lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.3       Menggali informasi dari teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.4       Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.5       Menggali informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.1.1        Membaca dan memahami contoh teks laporan pengamatan.
3.1.2        Menulis dan membaca hasil pengamatan siswa tentang energi panas bumi dan sumber daya lainnya.

3.2.2        Mendengarkan cerita tentang pemeliharaan panca indera dan kesehatan tubuh.
3.2.3        Menuliskan tentang manfaat teknologi bagi kehidupan yang siswa ketahui.



3.3.1        Membaca teks informasi wawancara tentang pekerjaan.
3.3.2        Menulis manfaat dari salah satu jenis pekerjaan.



3.4.1        Menulis cerita yang pernah dialami siswa ketika melihat lingkungan pegunungan.
3.4.2        Berbicara tentang tulisan siswa yang berisi lingkungan pegunungan.

3.5.1        Mendengarkan guru berbicara tentang sejarah peninggalan hindu budha di Indonesia.
3.5.2        Membaca dan memahami tentang teks yang berisi sejarah peninggalan hindu budha.

4.           Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.2       Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang pemeliharaan pancaindera serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.3       Mengolah dan menyajikan teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4       Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.5       Mengolah dan menyajikan teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1.1        Membaca tentang contoh laporan pengamatan tentang gaya.
4.1.2        Menulis laporan pengamatan tentang gerak.
4.1.3        Berbicara tentang laporan pengamatan tentang bunyi.

4.2.1        Berbicara tentang manfaat panca indera bagi tubuh.
4.2.2        Menulis tentang jenis alat teknologi modern yang diketahui siswa.




4.3.1        Menulis pertanyaan wawancara tentang pekerjaan seseorang.
4.3.2        Berbicara dengan menanyai seseorang tertang pekerjaannya.


4.4.1        Menulis tentang macam tempat wisata yang pernah dikunjungi siswa.
4.4.2        Membaca tulisan siswa tentang tempat wisata yang pernah dikunjunginya.

4.5.1   Menulis dan merangkumtulisan yang ada pada buku tentang peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Budha di Indonesia, (serta membacanya).


KELAS: V

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Meresapi makna anugerah berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul, daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
1.2       Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam
1.1.1        Mendengarkan dan memahami cerita tentang anugerah-anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa.


1.2.1        Menulis tentang makna pancasila dan pentingnya lingkungan yang bersih.
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Memiliki kepedulian dan tanggung jawab terhadap makanan dan  rantai makanan serta kesehatan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.2       Memiliki perilaku jujur dan disiplin tentang proses daur air rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.3       Memiliki perilaku santun dan jujur serta bertanggung jawab dan disiplin tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.4       Memiliki kepedulian, tanggung jawab, dan rasa cinta tanah air terhadap bencana alam dan keseimbangan ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.5       Memiliki rasa percaya diri dan cinta tanah air tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.1.1        Mendengarkan cerita tentang rantai makanan dalam kehidupan.
2.1.2        Membaca teks tentang pentingnya kesehatan.

2.2.1        Mendengarkan penjelasan tentang proses daur air rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan.

2.3.1        Mendengarkan dan menulis tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa yang dijelaskan guru.

2.4.1        Menulis nama-nama pahlawan yang diketahui oleh siswa.
2.4.2        Berbicara didepan tentang bencana alam yang diketahui oleh siswa.

2.5.1        Mendengarkan cerita tentang sejarah perkembangan kerajaan Islam di Indonesia.
2.5.2        Membaca dan menulis macam-macam nama kerajaan islam di Indonesia.
3.           Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.2       Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.3       Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.4       Menggali informasi dari teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.5       Menggali informasi dari teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.1.1        Membaca contoh teks laporan mengenai makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia.
3.1.2        Menulis manfaat dari keseimbangan ekosistem yang diketahui siswa.

3.2.1        Mendengarkan penjelasan tentang proses rangkaian listrik dan sifat magnet oleh guru.
3.2.2        Menulis rangkuman dari penjelasan tentang proses rangkaian listrik dan sifat magnet oleh guru.


3.3.1        Mencari dan menulis iklan tentang ekspor impor di surat kabar.




3.4.1        Membaca dan memahami pantun dan syair tentang bencana alam.




3.5.1        Membaca cerita sejarah perkembangan kerajaan Islam.
3.5.2        Mendengarkan cerita teman tentang sejarah perkembangan kerajaan Islam.

4.           Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.2       Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.3       Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4       Melantunkan dan menyajikan teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.5       Mengolah dan menyajikan teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1.1        Membaca dan memahami tentang makanan dan rantai makanan.
4.1.2        Menulis tentang makanan kesukaan siswa.





4.2.1        Berbicara tentang salah satu dari roses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan (yang diketahui siswa).


4.3.1        Menulis iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi dunia.



4.4.1        Membaca teks pantun atau syair tentang bencana alam di depan kelas.




4.5.1        Membaca dan menulis tentang cerita sejarah perkembangan kerajaan Islam di Indonesia yang ada dibuku untuk dipahami dan berbicara di depan kelas.


KELAS: VI

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
1.           Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1       Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
1.2       Meresapi makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya
1.1.1        Mendengarkan dan memahami anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia.



1.2.1        Mendengarkan makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya yang dijelaskan guru.
2.           Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
2.1       Memiliki kepedulian dan tanggung jawab tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.2       Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu tentang perubahan benda dan hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.3       Memiliki sikap disiplin dan rasa cinta tanah air terhadap sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.4       Memiliki kesetiaan, dan kebanggaan terhadap keutuhan wilayah nusantara Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.1.1        Membaca dan memahami tentang arti tanggung jawab.



2.2.1        Mendengarkan penjelasan tentang perubahan benda dan hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya oleh guru.

2.3.1        Menulis sikap-sikap yang menandakan rasa cinta tanah air terhadap sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah.

2.4.1        Membaca teks tentang kesetiaan, dan kebanggaan terhadap keutuhan wilayah nusantara Indonesia.
3.           Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
3.1       Menggali informasi dari teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam ahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.2       Menguraikan isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.3       Menguraikan isi teks pidato persuasif tentang cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.4       Menggali informasi dari teks cerita fiksi sejarah tentang keutuhan wilayah nusantara Indonesia dan hubungannya dengan negara tetangga dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.1.1        Mendengarkan dan membaca tentang teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan.


3.2.1        Berbicara tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya sesuai pengetahuan siswa.



3.3.2        Menulis isi teks pidato persuasif tentang cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah.



3.4.1        Membaca dan merangkum tentang teks cerita fiksi sejarah tentang keutuhan wilayah nusantara Indonesia yang berada dalam buku.
4.           Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1       Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.2       Menyajikan teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.3       Menyampaikan teks pidato persuasif tentang cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4       Mengolah dan menyajikan teks cerita fiksi sejarah tentang keutuhan wilayah nusantara Indonesia dan hubungannya dengan negara tetangga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1.1        Membaca tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan.
4.1.2        Berbicara tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan yang diketahui.

4.2.1        Menulis atau merangkum teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya yang berada pada buku.


4.3.1        Berbicara dengan intonasi yangbaik tentang pidato persuasif tentang cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah.


4.4.1        Membaca teks cerita fiksi sejarah tentang keutuhan wilayah nusantara Indonesia dan hubungannya dengan negara tetangga.
4.4.2        Menulis rangkuman teks cerita fiksi sejarah tentang keutuhan wilayah nusantara Indonesia dan hubungannya dengan negara tetangga.
4.4.3        Berbicara tentang teks cerita fiksi sejarah tentang keutuhan wilayah nusantara Indonesia dan hubungannya dengan negara tetangga.


banner
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Blog Archive

Advertising