Saturday 25 March 2017

RPP PENCAK SILAT

TUGAS
Membuat RPP Pencak Silat







Kelas PJKR-D


Oleh:
Shouki Nurfarid A. H
(NPM 2101000510637)



JURUSAN PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU EKSAKTA DAN KEOLAHRAGAAN
IKIP BUDI UTOMO MALANG
2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah             : SMP NEGERI 1 BAURENO
Mata Pelajaran            :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester            :  VII / I
Pertemuan                   : 2 kali pertemuan
Alokasi Waktu            : 4 X 45 menit

Standar Kompetensi
1.            Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi Dasar              
1.1         Mempraktikan teknik dasar salah satu permainan olahraga perorangan pencak silat serta nilai kerjasama, percaya diri, dan menghormati lawan.
Indikator
1.             Psikomotor
·                Melakukan gerakan sikap siap berdiri dan sikap duduk.
·                Melakukan kuda-kuda, pukulan, dan tangkisan.
·                Melakukan gerak berpasangan (pukulan dan tangkisan).
2.             Kognisi.
·                Mengetahui bentuk-bentuk teknik dasar, kuda-kuda, pukulan, dan tangkisan.
3.             Afeksi
·                Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman.
A.            Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat melakukan teknik dasar dengan benar.
a.              Siswa dapat melakukan teknik dasar sikap siap berdiri dan sikap duduk dengan benar.
b.             Siswa dapat melakukan teknik dasar kuda-kuda, pukulan, dan tangkisan dengan benar.
c.              Siswa dapat melakukan teknik dasar pukulan dan tangkisan secara berpasangan dengan benar.
Karakter siswa yang diharapkan :
Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
B.            Materi Pembelajaran
Pencak silat
a.              Teknik dasar sikap siap berdiri dan sikap duduk.
b.             Teknik dasar kuda-kuda, pukulan, dan tangkisan.
c.              Teknik dasar pukulan dan tangkisan secara berpasangan.
C.            Metode Pembelajaran
          Pertemuan  1-2 = demontrasi, penugasan dan resiprokal/timbal-balik
D.           Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1-2
1.             Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
·               Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran.
·               Pemanasan secara umum.
·               Berlari mengelilingi lapangan.
·               Pemanasan khusus pencak silat.
2.             Kegiatan Inti (60 menit)
·               Teknik dasar sikap siap berdiri dan sikap duduk.
-              Guru menjelasan cara melakukan teknik dasar sikap siap berdiri dan sikap duduk dengan baik.
-              Siswa melakukan latihan teknik dasar sikap siap berdiri dan sikap duduk dengan mengikuti aba-aba guru.
·               Teknik dasar kuda-kuda, pukulan, dan tangkisan.
-              Guru menjelasan cara melakukan teknik dasar kuda-kuda, pukulan, dan tangkisan dengan baik.
-              Siswa melakukan latihan teknik dasar sikap kuda-kuda, pukulan, dan tangkisan dengan mengikuti aba-aba guru.
·               Teknik dasar pukulan dan tangkisan secara berpasangan.
-              Guru menjelasan cara melakukan teknik dasar pukulan dan tangkisan secara berpasangan dengan siswa.
-              Siswa melakukan latihan teknik dasar pukulan dan tangkisan secara berpasangan dengan temannya dan mengikuti aba-aba guru.
·               Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
·               Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
3.             Kegiatan Penutup (15 menit)
·               Pendinginan (colling down).
·               Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari.
·               Berbaris dan berdoa.
E.            Alat dan Sumber Belajar
1.              Alat Pembelajaran :
·               Peluit
·               Ruang terbuka yang datar dan aman
2.   Sumber Pembelajaran :
·               Media cetak
o      Buku teks
o      Buku referensi, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VII,
o      Lembar Kerja Proses Belajar, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
·               Media elektronik
o      Audio/video visual teknik dasar pencak silat.
o      Rekaman/cuplikan latihan pencak silat.
F.             Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
Aspek  Psikomotor
o     Melakukan teknik dasar sikap siap berdiri dan sikap duduk.
o     Melakukan teknik dasar kuda-kuda, pukulan, dan tangkisan.
o     Melakukan teknik dasar pukulan dan tangkisan secara berpasangan.
Aspek  Kognitif
o     Mengetahui bentuk-bentuk teknik dasar sikap siap berdiri, sikap duduk, kuda-kuda, pukulan, dan tangkisan.
Aspek Afektif
o     Kerjasama, keberanian, kejujuran, percaya diri, menghormati lawan, dan sikap karakter yang lain.
Tes praktik (Kinerja)





Tes tertulis





Tes
observasi
Tes Contoh Kinerja





Pilihan ganda/urai-an singkat



Lembar  observasi
a.          Lakukan teknik dasar sikap siap berdiri dan sikap duduk.
b.         Lakukan teknik dasar kuda-kuda, pukulan, dan tangkisan.
c.          Lakukan teknik dasar pukulan dan tangkisan secara berpasangan.

Lembaran soal.




Kerjasama, kejujuran, percaya diri, keberanian, menghormati lawan, dan sikap karakter yang lain


1.             Teknik penilaian:
-              Tes unjuk kerja (psikomotor):
Lakukan koordinasi teknik dasar sikap siap berdiri, sikap duduk, kuda-kuda, pukulan, tangkisan, serta pukulan dan tangkisan secara berpasangan.
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja siswa, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4.
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =  ----------------------------------------- X 50
Jumlah skor maksimal
-              Pengamatan sikap (afeksi):
Lakukan teknik dasar sikap siap berdiri, sikap duduk, kuda-kuda, pukulan, tangkisan, serta pukulan dan tangkisan secara berpasangan dengan menekankan pada nilai kerjasama, keberanian, kejujuran, menghormati lawan, percaya diri, dan sikap karakter yang lainnya.
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap siswa menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku yang di cek ( √ ) mendapat nilai 1.
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai  =  ----------------------------------------- X 30
                                    Jumlah skor maksimal
-              Kuis/embedded test (kognisi):
Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam teknik dasar sikap siap berdiri, sikap duduk, kuda-kuda, pukulan, tangkisan, serta pukulan dan tangkisan secara berpasangan.
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4.
                 Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =  ----------------------------------------- X 20
                 Jumlah skor maksimal
-              Jumlah nilai akhir yang diperoleh siswa =
2.             Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN UNJUK KERJA TEKNIK DASAR PENCAK SILAT
Aspek Yang Dinilai
Kualitas Gerak
1
2
3
4
1.             Saat melakukan teknik dasar sikap siap berdiri dan sikap duduk.
2.             Saat melakukan teknik dasar kuda-kuda, pukulan, dan tangkisan.
3.             Saat melakukan teknik dasar tangkisan dan pukulan secara berpasangan.
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 12

RUBRIK PENILAIAN PERILAKU DALAM PENCAK SILAT
Perilaku yang diharapkan
Cek (√ )
1.             Keberanian (tidak ragu-ragu saat melakukan pukulan dan tangkisan)
2.             Kejujuran (mengakui keunggulan lawan)
3.             Menghormati lawan (tidak melukai/mecelakakan lawan)
4.             Kerjasama (melakukan pukulan dan tangkisan secara berpasangan dengan solid dan benar)
5.             Percaya diri (melakukan gerakan teknik dasar tanpa adanya perasaan bingung)
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 5

RUBRIK PENILAIAN PEMAHAMAN KONSEP PENCAK SILAT
Pertanyaan yang diajukan
Kualitas Jawaban
1
2
3
4
1.                  Bagaimana posisi kaki dan tangan saat melakukan sikap siap berdiri (sikap 1/ sikap 2/ sikap 3/ sikap 4)?
2.                  Bagaimana posisi kaki saat melakukan sikap duduk (sempong/sila/oralup/santai/simpuh)?
3.                  Bagaimana posisi kaki saat melakukan kuda-kuda (depan/belakang/samping/tengah)?
4.                  Bagaimana gerakan tangan saat melakukukan pukulan (depan/bandul/samping/lingkar)?
5.                  Bagaimana gerakan tangan saat melakukan tangkisan (dalam/luar/atas/bawah)?
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 20
         


Mengetahui,
Kepala SMP NEGERI 1 BAURENO

(__________________________)
NIP/NIK : ..............................
…..,…………………  20 …….
Guru Mapel PENJASKES.

(Shouki Nurfarid A.H)
NIP/NIK : ............................


banner
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Blog Archive

Advertising