Tugas
Pengembangan Kurikulum
Nama:
Novan Khoirul .J
Shouki Nurfarid A. H
Perbedaan Antara
Kurikulum KTSP, KBK, dan 1994 Bidang Studi Penjaskes Tingkat SMA
1)
Kurikulum KTSP Bidang Studi Penjaskes Tingkat SMA
a)
BSNP
sebagai penyusun Standar Isi (Kerangka Dasar, Stuktur kurikulum) sekolah
mengembangkan dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan.
b)
Memuat
Kelompok Mata Pelajaran , Struktur Kurikulum Tiap Jenjang , Standar kompetensi dan Kompotensi dasar.
c)
Melatih cara berpikir dan bernalar dalam
menarik kesimpulan.
d)
Mengembangkan kemampuan memecahkan
masalah.
e)
Mengembangkan kemampuan menyampaikan
informasi atau mengkomunikasikan gagasan.
f)
Berorientasi kompetensi, siswa sebagai pusat pembelajar.
g)
Mengembangkan aktivitas dan kreativitas
yang melibatkan imajinasi, intuisi, dan penemuan dengan mengembangkan
pemikiran, divergen, orisinil, rasa ingin tahu, membuat prediksi dan dugaan
serta mencoba-coba.
2)
Kurikulum KBK Bidang Studi Penjaskes Tingkat SMA
a)
Materi pelajaran
penjaskes ditentukan oleh sekolah berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi
dasar.
b)
Departemen
Pendidikan Nasional hanya menetapkan materi pokok atau esensial.
c)
Target guru
memberikan pengalaman belajar untuk mencapai kompetensi.
d)
Materi pelajaran
penjaskes disusun berdasarkan karakteristik kesulitan dan esensial materi,
perkembangan peserta didik, dan sumber daya yang tersedia.
e)
Proses
pembelajaran bersifat individual dengan mempertimbangkan kecepatan belajar
siswa yang tidak sama.
f)
Guru sebagai
fasilitator dan siswa sebagai subjek belajar. Kesiapan dan
kemandirian siswa dalam belajar mandiri tanpa tuntunan dari guru masih kurang.
g)
Pembelajaran
berdasar pada kompetensi dasar yang harus dicapai, ada program remidial dan
pengayaan. Sarana dan prasarana pendukung pembelajaran dengan
kurikulum berbasis kompetensi belum tersedia lengkap.
h)
Penyusunan bahan
penilaian didasarkan pada materi esensial yang benar-benar relevan dengan
kompetensi yang harus dicapai siswa. Untuk penilaian belum
dapat menerapkan KBK karena berkas-berkas portofolio belum tersedia.
i)
Keberhasilan
siswa diukur dan dilaporkan berdasarkan pencapaian kompetensi tertentu dan
bukan didasarkan atas perbandingan dengan hasil belajar siswa yang lain.
3)
Kurikulum 1994 Bidang Studi Penjaskes Tingkat SMA
a)
Materi
pembelajaran penjaskes ditentukan oleh pemerintah, yaitu Departemen Pendidikan
Nasional.
b)
Materi pelajaran
penjaskes sama untuk semua sekolah.
c)
Target guru
menyampaikan semua materi pelajaran penjaskes.
d)
Materi pelajaran
penjaskes disusun berdasarkan tujuan instruksi umum (TIU) dan tujuan instruksi
khusus (TIK).
e)
Proses
pembelajaran bersifat klasikal dengan tujuan menguasai materi pelajaran
penjaskes.
f)
Guru sebagai
pusat pembelajaran.
g)
Pembelajaran
mengejar target penyampaian materi.
h)
Penyusunan bahan
nilai didasarkan pada tujuan per kelas dan per semester.
i)
Keberhasilan
diukur dan dilaporkan berdasarkan perolehan nilai yang dapat diperbandingkan
dengan nilai siswa yang lain.
0 komentar: