Friday 24 March 2017

MEMBUAT PROPOSAL PENELITIAN

TUGAS MEMBUAT PROPOSAL PENELITIAN

Pengaruh Lingkungan Sekolah, Peran Guru dalam Proses Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Baureno pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Komputer


Mata Kuliah: Penelitian Pendidikan

Disusun oleh:
SHOUKI NURFARID A. H
NPM: 2101000510637
Kelas: PJKR-D



JURUSAN PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU EKSAKTA DAN KEOLAHRAGAAN
IKIP BUDI UTOMO MALANG

2013



KATA PENGANTAR


Assalamu’alaikum. Wr. Wb.

Puji syukur yang dalam penyusun sampaikan kehadirat Allah SWT, karena atas limpahan rahmat, karunia, dan hidayah-Nya sehingga penyusun dapat menyelesaiakan proposal penelitian ini sesuai yang diharapkan. Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulallah SAW, yang telah membawa kita dari jalan kegelapan menuju jalan yang terang benderang.
Proposal penelitian ini kami susun untuk meneliti Pengaruh Lingkungan Sekolah, Peran Guru dalam Proses Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Baureno pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Komputer
Dalam proses pembuatan proposal penelitian ini, tentunya kami mendapatkan bimbingan, arahan, koreksi, dan saran. Untuk itu rasa terima kasih yang dalam kami sampaikan kepada:
·                    Bapak dosen yang membimbing kami dalam proses pembuatan proposal dan proses penelitian.
Penyusun sadar bahwa dirinya hanya manusia biasa yang pasti mempunyai banyak kesalahan dan kekurangan. Oleh karena itu, penyusun mengharap kritik dan saran yang bersifat membangun demi pengembangn proposal penelitian ini selanjutnya. Demikian proposal penelitian ini kami buat semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum. Wr. Wb
                                                                                                         Malang, 1 januari 2013
                                                                           

                                                                                                   Penyusun,

DAFTAR ISI


Kata Pengantar............................................................................................................... i
Daftar Isi......................................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN............................................................................................. 1
A)    Latar Belakang Permasalahan............................................................................. 1
B)    Identifikasi Masalah........................................................................................... 4
C)    Pembatasan Masalah........................................................................................... 4
D)    Perumusan Masalah............................................................................................ 4
E)     Tujuan Penelitian................................................................................................ 5
F)     Manfaat Penelitian.............................................................................................. 5
BAB II STUDI KEPUSTAKAAN............................................................................... 6
A)    Pembahasan Teori............................................................................................... 6
B)    Hasail Penelitian yang Relevan........................................................................... 16
C)    Kerangka Berpikir............................................................................................... 17
D)    Hipotesis Penelitian............................................................................................ 18
BAB III METODE PENELITIAN............................................................................... 19
A)    Jenis Penelitian.................................................................................................... 19
B)    Tempat dan Waktu Penelitian............................................................................. 19
C)    Populasi, Sampel, dan Sampling Penelitian........................................................ 19
D)    Definisi Operasional Variabel............................................................................. 19
E)     Instrumen dan Metode Pengumpulan Data........................................................ 20
F)     Teknik Analisis Data........................................................................................... 24
G)    Prosedur/jadwal Penelitian................................................................................. 24
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................................... 26




BAB I
PENDAHULUAN


A)                Latar Belakang Permasalahan
Pendidikan merupakan salah satu hal yang paling penting untuk mempersiapkan kesuksesan masa depan. Pendidikan bisa diraih dengan berbagai macam cara, salah satunya pendidikan di sekolah. Menurut Suharsimi Arikunto (1997:4) menyebutkan bahwa dalam proses pendidikan ada lima faktor yang berpengaruh yaitu: (1) guru dan personil lainnya, (2) bahan pelajaran, (3) metode mengajar dan sistem evaluasi, (4) sarana penunjang dan (5) sistem administrasi. Kelima faktor tersebut berada di lingkungan sekolah.
Menurut Suparlan (2008:71) sebuah pendidikan mempunyai tiga komponen utama yaitu guru, siswa dan kurikulum. Ketiga komponen tersebut tidak dapat dipisahkan dan komponen-komponen tersebut berada di lingkungan sekolah agar proses kegiatan belajar mengajar dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan.
Pendidikan di sekolah merupakan kewajiban bagi seluruh warga Negara Indonesia, untuk itu pemerintah telah mencanangkan Wajib Belajar 9 Tahun. Hal ini sejalan dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3 yang menyatakan bahwa Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa dan bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi individu beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Potensi yang dimiliki siswa berbeda-beda, begitu juga dengan cara mengembangkan potensi yang dimiliki. Cara mengembangkan potensi siswa bergantung kepada keinginan yang dimiliki oleh setiap siswa. Hal ini dipengaruhi oleh motivasi setiap pribadi masing-masing. Motivasi merupakan suatu kondisi yang dimiliki oleh setiap siswa untuk bertingah laku. Menurut W.S. Winkel (1983:29) siswa yang sudah duduk  di Sekolah Menengah Atas/Kejuruan harusnya lebih dipengaruhi oleh motivasi intrinsik, karena siswa tersebut sudah mempunyai kesadaran pentingnya belajar untuk masa depan. Namun dalam realita masih banyak siswa yang belum dipengaruhi  oleh motivasi intrinsik tersebut. Berdasarkan hal tersebut, guru mempunyai peran penting untuk mengembangkan motivasi intrinsik siswa.
Motivasi yang dimiliki oleh setiap siswa pun berbeda-beda, terutama motivasi dalam hal belajar atau sering disebut dengan motivasi belajar. Menurut Lester D. Crow dan Alice Crow (1948) yang diterjemahkan oleh Kasijan (1984:360) motivasi dalam belajar harus dibantu dengan bimbingan untuk memahami arti dalam kegiatan belajar agar siswa tersebut mempunyai keinginan untuk mempelajari yang seharusnya dipelajari. Jika keinginan setiap siswa dalam belajar harus didukung oleh bimbingan yang sesuai maka motivasi siswa dalam belajar pun akan semakin meningkat sehingga tujuan dari motivasi pun juga akan tercapai, yaitu prestasi belajar. Menurut B. R. Bugelski (1956) yang diterjemahkan oleh Kasijan (1984:361) motivasi sangat berhubungan erat dengan perhatian dan sikap guru berperan sangat penting untuk mendorong siswa agar dapat belajar dengan penuh perhatian. Dengan demikian, guru merupakan salah satu sumber yang sangat penting dalam menumbuhkan motivasi siswa dan merupakan komponen penting yang terdapat di dalam lingkungan sekolah.
Peran guru dalam proses pembelajaran, antara lain sebagai informator/komunikator, organisator, konduktor, motivator, pengarah dan pembimbing, pencetus ide, penyebar luas, fasilisator, evaluator, dan pendidik. Dalam proses belajar mengajar sebagai suatu keseluruhan proses peran guru tidak dapat dikesampingkan. Karena belajar itu adalah interaksi antara pendidik atau guru dengan peserta didik atau siswa yang menghasilkan perubahan tingkah laku. Di sekolah, guru merupakan salah satu faktor penentu pokok dalam peningkatan mutu pendidikan. Oleh karena itu, proses tersebut harus dirancang sedemikian rupa, sehingga dapat menghasilkan prestasi belajar yang sesuai dengan yang diinginkan. Guru hendaknya tidak menggunakan metode pelajaran yang monoton seperti ceramah atau mencatat. Dalam proses pembelajaran guru harus dapat mengguakan metode-metode atau cara mengajar yang baik, efektif, dan efisien sehingga siswa dapat merasa tertarik atau tidak bosan pada saat proses belajar. Hal ini sangat berpengaruh terhadap motivasi siswa dalam belajar.
SMA Negeri 1 Baureno merupakan salah satu SMA yang berada di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. SMA Negeri 1 Baureno adalah salah satu sekolah yang memiliki sarana dan prasarana yang baik dan memadai tetapi masih dalam jumlah yang belum cukup, terutama sarana dalam pembelajaran dalam mata pelajaran Teknologi Informasi Komputer (TIK). Selain itu, siswa SMA Negeri 1 Baureno berasal dari berbagai latar belakang pendidikan Sekolah Dasar (SD) yang berbeda-beda dan sebagian diantaranya berasal dari sekolah di daerah terpencil yang mempunyai fasilitas sekolah yang minim dan ada yang belum mamiliki komputer, sehingga pemahaman siswa mengenai teknologi komputer pun masih kurang.
Lingkungan sekolah sangat berperan penting dalam proses belajar siswa. Sarana prasarana yang terdapat disekolah sangat diperlukan dalam proses pembelajaran. Sarana prasarana yang tidak lengkap akan membuat proses pembelajaran akan terhambat. Begitu juga dengan peran guru dalam proses pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi kepada siswa.
Sarana prasarana yang berupa ruangan laboratorium harus mencukupi jumlah siswa yang ada disekolah tersebut, sehingga siswa dapat memakai satu komputer dalam praktek pelajaran. Namun kenyataan di lapangan, sarana prasarana komputer yang ada belum cukup untuk menampung semua siswa. Setiap siswa tidak bisa memakai satu komputer, namun satu komputer harus untuk tiga siswa bahkan lebih. Hal ini membuat siswa sedikit kesulitan dalam memahami materi jika ketiga siswa tersebut tidak saling bekerjasama. Sebagian besar guru mata pelajaran Teknologi Informasi Komputer (TIK) dalam proses pembelajarannya masih menggunakan metode ceramah, sehingga guru tidak dapat mempraktikan secara langsung materi praktik yang kemudian dapat diikuti secara bersamaan oleh siswa. Dalam praktik pelajarannya, guru harus berjalan satu per satu ke komputer siswa. Apabila tidak seperti itu, akan membuat siswa sulit untuk menerima materi praktik yang diberikan.
Guru dalam proses pembelajaran harus mempunyai ide-ide kreatif dalam menjelaskan materi agar seluruh siswa mengerti dengan materi yang diberikan. Guru yang menjelaskan materi dengan metode ceramah akan menuntut siswa untuk mencatat pada buku seadanya yang siswa bawa ke laboratorium komputer. Terkadang buku catatan yang dipakai siswa untuk mencatat pelajaran TIK bercampur dengan mata pelajaran lain. Hal ini akan berpengaruh terhadap disiplin belajar siswa yang kurang baik.
Menurut data yang diperoleh, dari tahun ke tahun masih banyak siswa yang mendapatkan nilai di bawah rata-rata atau di bawah ketuntasan minimal untuk mata pelajaran Teknologi Informasi Komputer. Nilai-nilai yang masih di bawah ketuntasan minimal dari tahun ke tahun menimbulkan pertanyaan bagi guru, faktor apakah yang mempengaruhi prestasi belajar siswa? Prestasi tersebut bisa diawali dengan motivasi belajar siswa yang bisa disebabkan oleh beberapa faktor.
Berdasarkan persoalan-persoalan tersebut maka timbul permasalahan yang perlu dikaji yang berhubungan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi Komputer. Faktor-faktor tersebut pada penelitian ini hanya dibatasi oleh lingkungan sekolah dan peran guru dalam proses pembelajaran saja. Melalui metode yang sama, maka peneliti mengusulkan “Pengaruh Lingkungan Sekolah, Peran Guru dalam Proses Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Baureno pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Komputer” sebagai judul penelitian ini.
B)                Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang permasalahan yang dipaparkan di atas, maka dapat disimpulkan identifikasi masalah sebagai berikut:
1)                  Nilai hasil evaluasi belajar yang masih banyak di bawah rata-rata/di bawah nilai ketuntasan minimal dari tahun ke tahun.
2)                  Kurangnya variasi terhadap proses pembelajaran dalam menerangkan materi pelajaran yang dilakukan oleh guru.
3)                  Kelengkapan sarana prasarana yang terdapat di laboratorium komputer sudah memadai tetapi masih minim jumlahnya.
4)                  Satu komputer tidak bisa “digunakan” oleh satu siswa, sehingga membuat siswa sedikit kesulitan dalam memahami materi jika mereka tidak ada saling kerjasama dengan temannya.
5)                  Kurangnya perhatian siswa tentang buku catatan tersendiri sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi.
6)                  Rendahnya minat siswa untuk memahami mata pelajaran.
C)                Pembatasan Masalah
Memperhatikan identifikasi masalah diatas, permasalahan yang diteliti dibatasi dua faktor saja yang berhubungan dengan motivasi belajar siswa, yaitu lingkungan sekolah dan peran guru dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Teknologi Informasi Komputer di SMA Negeri 1 Baureno.
D)                Perumusan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah yang dipaparkan di atas, maka dapat disimpulkan rumusan masalah sebagai berikut:
1)                  Apakah lingkungan sekolah berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran  Teknologi Informasi Komputer di SMA Negeri 1 Baureno?
2)                  Apakah peran guru dalam proses pembelajaran berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa  pada mata pelajaran  Teknologi Informasi Komputer di SMA Negeri 1 Baureno?
3)                  Apakah lingkungan sekolah dan peran guru dalam proses pembelajaran berpengaruh secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran  Teknologi Informasi Komputer di SMA Negeri 1 Baureno?
E)                 Tujuan Penelitian
Berdasarkan perumusan masalah yang dipaparkan di atas, maka dapat disimpulkan tujuan penelitian sebagai berikut:
1)                  Mengetahui lingkungan sekolah berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran  Teknologi Informasi Komputer di SMA Negeri 1 Baureno.
2)                  Mengetahui peran guru dalam proses pembelajaran guru berpengaruh terhadap motivasi belajar pada pelajaran  Teknologi Informasi Komputer di SMA Negeri 1 Baureno.
3)                  Mengetahui lingkungan sekolah, peran guru dalam proses pembelajaran berpengaruh secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran Teknologi Informasi Komputer di SMA Negeri 1 Baureno.
F)                 Manfaat Penelitian
1)                  Manfaat Praktis
Bagi sekolah mata pelajaran Teknologi Informasi Komputer, hasil penelitian ini dapat menjadi bahan masukan guna meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mencapai target belajar siswa yang diinginkan.
2)                  Manfaat Teoritis
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran kondisi lingkungan sekolah dan peran guru dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Baureno terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi Komputer.
BAB II
STUDI KEPUSTAKAAN


A)                Pembahasan Teori
1)         Tinjauan tentang Motivasi Belajar
a)                  Pengertian Motivasi Belajar
Motivasi merupakan aspek yang sangat penting dalam mendukung seseorang dalam mengerjakan atau mempelajari sesuatu hal, sehingga mempengaruhi seseorang dalam pencapaian sebuah prestasi belajar. Istilah motivasi  sering disamakan dengan istilah motif, M. Ngalim Purwanto(2006:60) menyatakan motif adalah sesuatu yang mendorong seseorang untuk bertindak melakukan sesuatu. Selain itu seperti yang dikatakan oleh Sartain dalam buku Pshyclogy Understanding of Human Behaviour yang dikutip oleh M. Ngalim Purwanto (2006:60) motif adalah suatu pernyataan yang kompleks di dalam suatu organisme yang mengarahkan tingkah laku/perbuatan ke suatu tujuan atau perangsang. Dengan demikian motif adalah hal yang mendorong seseorang untuk mengerjakan sesuatu hal.
Adapun pengertian motivasi menurut seorang ahli yang bernama Mc Donald yang dikutip oleh Wasty Soemanto (2006:203) motivasi sebagai sebuah perubahan tenaga di dalam diri/pribadi seseorang yang ditandai oleh dorongan efektif dan reaksi-reaksi dalam usaha mencapai tujuan. Definisi tersebut berisi tiga hal, yaitu (1) motivasi dimulai dengan sistem perubahan dalam diri seseorang, (2) motivasi ditandai oleh dorongan afektif, (3) motivasi ditandai oleh reaksi-reaksi dalam mencapaian tujuan yang diinginkan.
Menurut Jamnes O. Whittaker yang dikutip oleh Wasty Soemanto (2006:205), motivasi adalah kondisi atau keadaan untuk bertingkah laku untuk mencapai tujuan yang ditimbulkan oleh motivasi tersebut. Namun menurut Ghuthrie yang dikutip oleh Wasty Soemanto (2006:206), motivasi hanyalah menimbulkan variasi respons pada individu, dan apabila dihubungkan dengan cara hasil belajar, motivasi tersebut bukan merupakan instrument dalam belajar tetapi hanyalah penyebab dari variasi reaksi. Berdasarkan definisi motivasi yang telah dikemukakan oleh beberapa ahli, dapat disimpulkan bahwa motivasi adalah suatu kondisi untuk memberikan dorongan dalam melakukan suatu hal untuk mencapai sebuah tujuan yang diharapkan.
Adapun menurut Sugihartono, dkk (2007:78) motivasi belajar memegang peranan yang sangat penting untuk pencapaian prestasi belajar siswa, karena motivasi belajar yang tinggi akan  terlihat dari ketekunan yang tidak mudah menyerah meskipun dihadapkan oleh beberapa kendala. Motivasi tinggi tersebut dapat ditemukan dalam sikap siswa, antara lain: (1) tingginya keterlibatan afektif siswa dalam belajar, (2) tingginya keterlibatan efektif siswa dalam belajar, (3) tingginya upaya siswa untuk menjaga agar senantiasa memiliki motivasi belajar. W.S. Winkel (1983:27) mengemukakan motivasi belajar adalah daya penggerak secara keseluruhan yang berasal dari dalam diri siswa untuk menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dan memberikan arah pada kegiatan belajar tersebut hingga tujuan yang dikehendaki siswa akan tercapai.
Berdasarkan pendapat di atas, dengan demikian motivasi belajar adalah sebuah dorongan untuk melakukan sesuatu hal yang diwujudkan dalam sebuah tindakan untuk melakukan kegiatan belajar dalam mencapai sebuah tujuan yang diharapkan.
b)                  Macam-macam Motivasi Belajar
Motivasi-motivasi untuk belajar yang muncul dari dalam diri seseorang terdapat berbagai macam hal. Apabila dilhat dari beberapa sudut pandang, para ahli psikologi berusaha untuk menggolongkan motif-motif yang ada di dalam diri individu ke dalam beberapa golongan. Menurut Sartain yang dikutip oleh M. Ngalim Purwanto (2006-62) membagi motif-motif tersebut menjadi dua golongan, yaitu: (1) physiological drive, (2) social motives. physiological drive adalah sebuah dorongan yang bersifat fisiologis seperti: lapar, haus, seks, dan sebagainya. Sedangkan social motives adalah dorongan-dorongan yang hubunganya dengan manusia dengan manusia yang lain dalam masyarakat, seperti: dorongan estetis, dorongan ingin selalu berbuat baik (etika), dan sebagainya. Jadi kedua golongan  motif tersebut saling berhubungan dengan yang lain. Woodwort yang dikutip oleh M. Ngalim Purwanto (2006:63) menyatakan bahwa motif-motif pada seseorang berkembang melalui kematangan, latihan, dan belajar.
Menurut Wasty Soemarno (2006:207) mengemukakan bahwa motivasi memiliki dua elemen, yaitu elemen dalam (inner component), elemen luar (outer component). Elemen dalam (inner component) adalah elemen yang berupa perubahan yang terjadi dalam diri seseorang. Perubahan ini berupa keadaan tidak puas atau ketegangan psikologis. Elemen luar (outer component) adalah element yang mengarahkan tingkah laku seseorang yang berada di luar diri seseorang tersebut untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai.
Menurut M. Sobry Sutikno  menyebutkan bahwa motivasi belajar ada dua yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi intrinsik adalah motivasi yang berasal dari dalam individu itu sendiri tanpa ada paksaan atau dorongan dari orang lain. motivasi ekstrinsik adalah motivasi yang timbul dari luar diri individu karena adanya paksaan atau dorongan dari orang lain sehingga individu tersebut mempunyai kemauan untuk melakukan sesuatu atau belajar.
Berdasarkan pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dibagi menjadi dua macam, yaitu motivasi belajar yang berasal dari dalam diri individu/siswa (motivasi intrinsik) dan motivasi belajar yang dari luar diri individu/siswa (motivasi ekstrinsik). Kedua macam motivasi belajar tersebut sangat berperan penting bagi pencapaian tujuan belajar siswa dan mempunyai keterkaitan.
c)                  Faktor-faktor yang Memengaruhi Motivasi Belajar
Motivasi belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Menurut Brophy (2004) yang dikutip oleh Anonim terdapat lima faktor yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa, yaitu: (1) harapan guru, (2) instruksi langsung, (3) umpan balik (feedback) yang tepat, (4) penguatan atau hadiah, (5) hukuman.
W.S. Winkel (1983:29) mengemukakan bahwa siswa yang masih duduk dibangku Sekolah Dasar (SD) lebih dipengaruhi oleh motivasi ekstrinsik, sedangkan siswa yang sudah duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas/Kejuruan seharusnya lebih dipengaruhi oleh motivasi intrinsik, karena siswa tersebut lebih mempunyai kesadaran pentingnya belajar untuk masa depan dibandingkan siswa Sekolah Dasar (SD). Namun dalam realita masih banyak siswa Sekolah Menengah Atas/Kejuruan yang belum dipengaruhi oleh motivasi intrinsik tersebut. Berdasarkan hal-hal tersebut, guru mempunyai peran penting untuk mengembangkan motivasi intrinsik tersebut.
d)                 Upaya Menumbuhkan Motivasi Belajar
Motivasi untuk belajar adalah suatu yang penting dalam usaha pencapaian tujuan yang diharapkan oleh siswa. Maka motivasi merupakan hal yang utama yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Motivasi ini harus dimulai dari diri siswa itu sendiri. Motivasi dalam diri siswa merupakan hal yang paling penting, karena apabila siswa tersebut tidak mempunyai kesadaran dalam belajar maka motivasi itu tidak akan tumbuh, walaupun faktor dari luar diri siswa sudah mendukung. Oleh karena itu, harus ada upaya untuk menumbuhkan motivasi untuk belajar pada siswa.
Membangkitkan motivasi belajar siswa tidaklah mudah. Guru merupakan salah satu cara untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa, karena guru merupakan orang yang berperan penting dalam proses belajar siswa. Namun apabila guru tidak paham dengan hal yang diinginkan oleh siswa, maka motivasi tersebut tidak bisa ditumbuhkan dari dalam diri siswa. Motivasi tersebut dapat ditumbuhkan dengan salah satu cara, yaitu guru menberikan reward pada siswa yang aktif dalam kegiatan belajar mengajar.
Menurut Sardiman (2010:92-95) menyatakan bahwa bentuk dan cara yang dapat digunakan untuk menumbuhkan motivasi untuk belajar adalah:
1)         Pemberian angka, hal ini disebabkan karena banyak siswa belajar dengan tujuan utama yaitu untuk mencapai angka/nilai yang baik.
2)         Hadiah, namun dengan pemberian hadiah tidak semua senang, karena hadiah tersebut tidak akan menarik bagi siswa yang tidak berbakat dalam suatu pekerjaan.
3)         Persaingan/kompetisi, dengan persaingan individual maupun kelompok dapat  meningkatkan kegiatan belajar siswa.
4)         Ego-involvement, yaitu menumbuhkan kesadaran kepada siswa agar merasakan pentingnya tugas dan menerimanya sebagai tantangan, sehingga siswa bekerja keras dengan mempertaruhkan harga diri.
5)         Memberi ulangan, para siswa akan menjadi giat belajar kalau mengetahuai akan ada ulangan.
6)         Memberitahukan hasil, hal ini aka mendorong siswa untuk lebih giat belajar terutama kalau terjadi kemajuan.
7)         Pujian, jika ada siswa yang berhasil menyelesaikan tugas dengan baik, hal ini merupakan bentuk penguatan positif.
8)         Hukuman, pemberian hukuman yang tepat dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar.
9)         Hasrat belajar, dengan adanya hasrat belajar yang tumbuh dari dalam diri siswa itu sendiri, maka hasil belajar akan lebih baik.
10)       Minat, minat adalah motivasi pokok yang timbul karena kebutuhan.
11)       Tujuan yang diakui, dengan memahami tujuan yang akan dicapai, maka akan mempermudah untuk menimbulkan gairah belajar siswa.
W.S. Winkel (1983:30) mengemukakan bahwa upaya-upaya yang dapat dilakukan oleh seorang guru dalam menumbuhkan motivasi intrinsik pada siswa, yaitu: (1) menjelaskan mengenai tujuan dan kegunaan mempelajari suatu pelajaran yang diajarkan, (2) menunjukan antusiasme dan menggunakan prosedur mengajar yang sesuai, (3) memberikan materi pelajaran yang tidak terlalu mudah dan tidak terlalu sulit, (4) menjaga disiplin balajar di dalam kelas, dan (5) membagikan hasil PR dan ulangan dalam waktu yang singkat. Selain itu guru dapat memberikan inisiatif lain untuk menumbuhkan motivasi intrinsik siswa, diantaranya adalah dengan menggunakan pujian berdasarkan prestasi, dan hukuman yang tidak menyakitkan siswa. Inisiatif-inisiatif tersebut digunakan untuk menggerakkan siswa belajar.
Menurut W.S Winkel (1983-31) guru harus bisa membuat siswa senang dalam belajar, anatara lain: (1) membina hubungan yang baik/akrab dengan siswa, (2) menyajikan materi pelajaran yang tidak terlalu mudah dan tidak terlalu sulit, (3) menggunakan alat-alat pendukung pembelajaran, dan (4) bervariasi dalam menggunakan metode pembelajaran.
Berdasarkan pendapat-pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat usaha-usaha dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa, yaitu dengan cara menjelaskan mengenai tujuan dan maksud dari sebuah pembelajaran, menggunakan variasi metode pembelajaran, memberikan materi pelajaran yang mudah dimengerti siswa, memberikan pujian bagi siswa yang berprestasi dan hukuman bagi siswa yang melanggar, dan menerapkan disiplin belajar siswa.
e)                  Ciri-ciri motivasi belajar
Menurut Sardiman (2009:83) Teori ini mirip dengan teori insting, tetapi lebih ditekankan pada unsur-unsur kejiwaan yang ada pada diri manusia. Bahwa setiap tindakan manusia terdapat unsur pribadi manusia yakni id dan ego. Tokoh dari teori ini adalah Freud. Selanjutnya untuk melengkapi uraian mengenai makna dan teori tentang motivasi itu, perlu dikemukakan bahwa adanya beberapa ciri motivasi. Motivasi yang ada pada diri setiap orang itu memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
a)                  Tekun menghadapi tugas (dapat bekerja terus menerus dalam waktu yang lama dan tidak berhenti sebelum selesai).
b)                  Ulet menghadapi kesulitan (tidak lekas putus asa). Tidak memerlukan dorongan dari luar untuk berprestasi sebaik mungkin (tidak cepat puas dengan prestasi yang telah dicapainya).
c)                  Menunjukkan minat terhadap bermacam-macam masalah untuk orang dewasa (misalnya masalah pembangunan agama, politik, ekonomi, keadilan, pemberantasan korupsi, penentangan terhadap setiap tindakan kriminal, amoral, dan sebagainya.
d)                 Lebih senang belajar mandiri.
e)                  Cepat bosan pada tugas-tugas yang rutin (hal-hal yang bersifat mekanis, berulang-ulang begitu saja, sehingga kurang kreatif).
f)                   Dapat mempertahankan pendapatnya (kalau sudah yakin akan sesuatu).
g)                  Tidak mudah melepaskan hal yang diyakini itu.
h)                  Senang mencari & memecahkan masalah soal-soal.
Apabila seseorang memiliki ciri-ciri seperti diatas, berarti orang itu selalu memiliki motivasi yang cukup kuat. Ciri-ciri motivasi itu akan sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar. Dalam kegiatan belajar mengajar akan sangat berhasil baik, kalau siswa tekun mengerjakan tugas, ulet dalam memecahkan berbagai masalah dan hambatan secara mandiri. Siswa yang belajar dengan baik tidak akan terjebak pada sesuatu rutinitas dan mekanis. Siswa harus mampu mempertahankan pendapatnya, kalau dia sudah yakin dan dipandangnya cukup rasional, bahkan lebih lanjut siswa harus juga peka dan responsif terhadap berbagai masalah umum dan bagaimana memikirkan pemecahanya. Hal-hal itu semua harus dipahami benar oleh guru, agar dalam berinteraksi dengan siswanya dapat memberikan motivasi yang tepat dan optimal.
Menurut Elida Prayitno (1989:11) Di dalam proses belajar siswa yang termotivasi secara intrinsik dapat dilihat dari kegiatannya yang tekun dalam mengerjakan tugas-tugas belajar karena merasa butuh dan ingin mencapai tujuan belajar yang sebenarnya. Tujuan belajar yang sebenarnya adalah untuk menguasai apa yang sedang dipelajari, bahkan karena ingin mendapat pujian dari guru. Grage dan Herline (1988) mengemukakan bahwa siswa yang termotivasi secara intrinsik aktivitasnya lebih baik dalam belajar daripada siswa yang termotivasi secara ekstrinsik. Siswa yang memiliki motivasi intrinsik menunjukan keterlibatan dan aktivitas yang tinggi dalam belajar. Siswa seperti ini baru akan mencapai kepuasan kalau dia dapat memecahkan masalah pelajaran dengan benar, dan kalau mengerjakan tugas dengan baik. Mempelajari/mengerjakan tugas-tugas dalam belajar membentuk tantangan baginya dan dia terpaut tanpa terpaksa terhadap tugas-tugas belajar tersebut.
Berdasarkan pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa ciri seseorang yang mempunyai motivasi yaitu: tekun menghadapi, ulet menghadapi kesulitan, Menunjukkan minat terhadap bermacam-macam masalah untuk orang dewasa, lebih senang belajar mandiri, cepat bosan pada tugas-tugas yang rutin, dapat mempertahankan pendapatnya, tidak mudah melepaskan hal yang diyakini itu serta senang mencari dan memecahkan masalah soal-soal. Siswa yang termotivasi secara intrinsik aktivitasnya lebih baik dalam belajar daripada siswa yang termotivasi secara ekstrinsik.
2)         Tinjauan Tentang Lingkungan Sekolah
a)                  Lingkungan Sekolah
Manusia sebagai makhluk sosial pasti akan selalu bersentuhan dengan lingkungan sekitar. Lingkungan inilah yang secara langsung/tidak langsung dapat mempengaruhi karakter/sifat seseorang. Lingkungan secara sempit diartikan sebagai alam sekitar diluar diri manusia atau individu sedangkan secara arti luas, lingkungan mencakup segala material dan stimulus di dalam dan diluar individu, baik yang bersifat fisiologis, psikologis, maupun sosio kultural. Secara fisiologis, lingkungan meliputi kondisi dan material jasmaniah di dalam tubuh. Secara psikologis, lingkungan mencakup segenap yang diterima oleh individu mulai sejarah dalam kondisi konsensi, kelahiran, sampai kematian. Secara sosio kultural, lingkungan mencakup segenap stimulus, interaksi, dan dalam hubungannya dengan perlakuan ataupun karya orang lain (M. Dalyono,2005:129)
“Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada pada diri kita, yang dalam arti yang lebih sempit, lingkungan merupakan hal-hal/sesuatu yang berpengaruh terhadap perkembangan manusia” (Tabrani Rusyan.dkk:1994). Menurut Oemar Hammalik “Lingkungan adalah sesuatu yang ada di alam sekitar yang memiliki makna/pengaruh tertentu kepada individu”. Lingkungan menyediakan stimulus terhadap individu sedangkan individu memberikan respon terhadap lingkungan yang ada di alam sekitar.
Segala kondisi yang berada di dalam dan diluar individu baik fisiologis, psikologis, maupun sosial kultural akan mempengaruhi tingkah individu ke arah yang benar. Lingkungan berpengaruh secara langsung maupun tidak langsung. Pengaruh yang langsung misalnya pergaulan dengan keluarga, teman-teman, sedangkan pengaruh tidak langsung misalnya melalui televisi, membaca koran, dan sebagainya.
Menurut Dwi Siswoyo., dkk, lingkungan pendidikan meliputi:
1)         Lingkungan phisik (keadaan iklim, keadaan alam)
2)         Lingkungan budaya (bahasa, seni, ekonomi, politik pantangan hidup, dan keagamaan).
3)         Lingkungan sosial/masyarakat (keluarga, kelompok, bermain, organisasi) (Dwi Siswoyo,dkk.,2007:148)
Berdasarkan berbagai pernyataan diatas, dapat disimpulkan bahwa lingkungan adalah segala sesuatu yang berada di alam sekitar yang memiliki makna/pengaruh terhadap karakter/sifat seseorang secara langsung maupun tidak langsung.
b)                  Pengertian Lingkungan Sekolah
Sekolah adalah lembaga pendidikan secara resmi menyelenggarakan kegiatan pembelajaran secara sistematis, berencana, sengaja dan terarah yang dilakukan oleh pendidik yang professional dengan program yang dituangkan ke dalam kurikulum tertentu dan diikuti oleh peserta didik pada setiap jenjang tertentu, mulai dari tingkat anak-anak sampai perhuruan tinggi. Menurut Sumitro dkk. “Sekolah adalah lingkungan pendidikan yang mengembangkan dan meneruskan pendidikan anak menjadi warga Negara yang cerdas, terampil dan bertingkah laku baik” (Sumitro,dkk.,2006:81). Sekolah sebagai tempat belajar bagi seorang siswa dan teman-temannya untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dari gurunya dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar secara formal.
“Sekolah merupakan lingkungan pendidikan formal. Dikatakan formal karena disekolah terlaksana serangkaian kegiatan terencana dan terorganisasi, termasuk kegiatan dalam rangka proses belajar-mengajar di kelas” (Winkel,2009:28). Definisi lain menyebutkan bahwa “sekolah adalah suatu lembaga yang memberikan pelajaran kepada murid-muridnya” (Oemar Hamalik,2003:5). Sekolah dapat mengembangkan dan meningkatkan pola pikir anak karena di sekolah mereka belajar bermacam-macam ilmu pengetahuan.
Kualitas guru merupakan faktor yang penting pula. Kualitas guru yang dimaksud meliputi sikap dan kepribadan guru, tinggi rendahnya pengetahuan yang dimiliki guru, dan sebagaimana cara guru itu mengajarkan pengetahuan itu kepada anak didiknya turut menentukan bagaimana hasil belajar yang dapat dicapai anak (Ngalim Purwanto,2006:105). Keadaan sekolah tempat belajar juga turut mempengaruhi tingkat keberhasilan belajar. “Keadaan gedung sekolahnya dan letaknya, serta alat-alat belajar juga ikut menentukan keberhasilan belajar siswa” (Muhibbin Syah,2006:152).
“Letak gedung sekolah harus memenuhi syarat-syarat seperti tidak terlalu dekat dengan kebisingan/jalan ramai dan memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan ilmu kesehatan sekolah” (Sumadi Suryabrata,2006:233). Lingkungan sekolah seperti para guru, staf administrasi dan teman-teman sekelas juga dapat mempengaruhi semangat belajar siswa. Para guru yang menunjukkan sikap dan perilaku yang simpatik, misalnya rajin membaca dan berdiskusi dapat menjadi daya dorong yang positif bagi kegiatan belajar siswa. Teman-teman yang rajin belajar dapat mendorong seorang siswa untuk lebih semangat dalam kegiatan belajarnya.
Menurut Nana Syaodih Sukmadinata (Nana Syaodih Sukmadinah,2004:164), lingkungan sekolah meliputi:
1)         Lingkungan fisik sekolah seperti sarana dan prasarana belajar, sumber-sumber belajar, dan media belajar.
2)         Lingkungan sosial menyangkut hubungan siswa dengan teman-temanya, guru-gurunya, dan staf sekolah yang lain.
3)         Lingkungan Akademis yaitu suasana sekolah dan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar serta berbagai kegiatan kurikuler.
Lingkungan sekolah terkait dengan metode mengajar guru, kurikulum, relasi guru dengan siswa, relasi siswa dengan siswa, disiplin sekolah. Lingkungan sekolah mencakup keadaan lingkungan sekolah, suasana sekolah, keadaan gedung, masyarakat sekolah, tata tertib dan fasilitas-fasilitas sekolah. Seperti pula dalam bukunya Dimyati & Mudjiono bahwa dalam prasarana pembelajaran meliputi gedung sekolah, ruang belajar, lapangan olah raga, ruang ibadah, ruang kesenian dan peralatan olah raga. Sarana pembelajaran meliputi buku pelajaran, buku bacaan alat dan fasilitas laboratorium sekolah dan berbagai media pembelajaran lainnya.
Lingkungan sekolah juga memegang peranan penting bagi perkembangan belajar para siswanya. Lingkungan ini meliputi lingkungan fisik sekolah seperti lingkungan sekitar sekolah, sarana dan prasarana belajar yang ada, sumber-sumber belajar dan media belajar dan sebagainya. Lingkungan sosial menyangkut hubungan siswa dengan kawan-kawannya, guru-guru serta staf sekolah lainnya. Lingkungan sekolah juga menyangkut lingkungan akademis, yaitu suasana dan pelaksanaan kegiatan belajar -mengajar, berbagai kegiatan kokulikuler dan sebagainya.
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa lingkungan sekolah merupakan tempat bagi siswa untuk belajar bersama teman-temannya secara terarah guna menerima transfer pengetahuan dari guru yang didalamnya mencakup keadaan sekitar suasana sekolah, relasi siswa dengan dan teman-temannya, relasi siswa dengan guru dan dengan staf sekolah, kualitas guru dan metode mengajarnya, keadaan gedung, masyarakat sekolah, tata tertib, fasilitas-fasilitas sekolah, dan sarana prasarana sekolah.
3.         Tinjauan tentang peran guru dalam proses pembelajaran.
c)         Pengertian Peran Guru
Mengenai apa peran guru itu ada beberapa pendapat yang dijelaskan dalam buku Sardiman A.M. (2006:143), antara lain:
1)         Prey Katz menggambarkan peran guru sebagai komunikator, sahabat yang dapat memberikan nasihat-nasihat, motivator sebagai pemberi inspirasi dan dorongan, pembmbing dalam mengembangkan sikap dan tingkah laku serta nilai-nilai, orang yang menguasai bahan yang diajarkan.
2)         James W.Brown mengemukakan bahwa tugas dan peran guru antara lain: menguasai dan mengembangkan materi pelajaran, merencana dan mempersiapkan pelajaran sehari-hari, mengontrol dan mengevaluasi kegiatan siswa.
3)         Federasi dan Organisasi Profesional Guru Sedunia mengungkapkan bahwa peran guru di sekolah, tidak hanya sebagai transmitter dari ide tetapi juga berperan sebagai transformer dan katalisator dari nilai dan sikap.
Dari pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa, peran guru adalah:
1)         Sebagai informator, guru sebagai pelaksana mengajar informatife, laboratorium, studi lapangan dan informasi kegiatan maupun umum.
2)         Sebagai organisator, guru sebagai pengelola kegiatan akademik, silabus, workshop, jadwal pelajaran, dan lain-lain.
3)         Sebagai motivator, guru harus dapat merangsang dan memberikan dorongan untuk mendinamisasi potensi siswa, menumbuhkan swadaya (aktivitas) dan daya cipta, sehingga akan terjadi dinamika di dalam proses belajar mengajar.
4)         Sebagai direktor guru harus dapat membimbing dan mengarahkan kegiatan belajar mengajar siswa sesuai dengan tujuan yang dicita-citakan.
5)         Sebagai inisiator, guru sebagai pencetus ide-ide kreatif yang dapat dicontoh oleh anak didiknya dalam proses belajar.
6)         Sebagai transmitter, guru bertindak sebagai penyebar kebijaksanaan pendidikan dan pengetahuan.
7)         Sebagai fasilisator, guru memberikan fasilitas atau kemudahan dalam proses belajar mengajar.
8)         Sebagai mediator, guru sebagai penengah dalam kegiatan belajar siswa.
9)         Sebagai evaluator, Guru mempunyai otoritas untuk menilai prestasi anak didik dalam bidang akademis maupun tingkah laku sosialnya, sehingga dapat menentukan bagaimana anak didiknya berhasil atau tidak.
Slameto (1995:97-98) mengemukakan bahwa dalam proses belajar mengajar, guru mempunyai tugas untuk mendorong, membimbing, dan memberi fasilitas belajar bagi siswa untuk mnecapai tujuan. Guru mempunyai tanggung jawab untuk melihat segala sesuatu yang terjadi dalam kelas untuk membantu proses perkembangan siswa. Penyampaian materi pelajaran hanyalah merupakan salah satu dari berbagai kegiatan dalam belajar sebagai suatu proses dinamis dalam segala fase dan proses perkembangan siswa. Secara lebih terperinci tugas guru terpusat pada:
1)         Mendidik dengan titik berat memberikan arah dan motivasi pencapaian tujuan baik jangka pendek maupun jangka panjang.
2)         Memberi fasilitas pencapaian tujuan meliputi pengalaman belajar yang memadai.
3)         Membantu perkembangan aspek-aspek pribadi seperti sikap, nilai-nilai dan penyesuaian diri.
Dengan demikian peranan guru dalam belajar ini menjadi lebih luas dan lebih mengarah kepada peningkatan motivasi belajar siswa. Melalui peranannya guru diharapkan mampu mendorong siswa untuk senantiasa belajar dalam berbagai kesempatan melalui berbagai sumber dan media. Guru hendaknya mampu membantu setiap siswa secara efektif dapat mempergunakan berbagai kesempatan belajar dan berbagai sumber serta media belajar. Hal ini berarti bahwa guru hendaknya dapat mengembangkan cara dan kebiasaan belajar yang sebaik-baiknya. Selanjutnya sangat diharapkan guru dapat memberikan fasilitas yang memadai sehingga siswa dapat belajar secara efektif.
B)                Hasil Penelitian yang Relevan
Menurut Syaiful (2009) meneliti tentang faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar matematika siswa SMK di Kecamatan Karangmojo. Peneliti dibatasi oleh masalah kemampuan mengajar, perhatian orang tua, dan sarana belajar, ketiga masalah tersebut sebagai variabel bebas. Hasil peneliti menyimpulkan bahwa kemampuan mengajar guru, perhatian orang tua, dan sarana belajar bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa, namun kemampuan mengajar guru mempunyai pengaruh yang tertinggi dibandingkan dengan perhatian orang tua dan sarana belajar.
Riris Purnowati (2006) meneliti tentang pengaruh disiplin dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Teuku Umar Semarang tahun ajaran 2005/2006. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa disiplin belajar siswa kelas X SMK Teuku Umar Semarang tahun ajaran 2005/2006 termasuk dalam kategori baik, motivasi belajar siswa dalam kategori baik.
Nur Huda (2007) meneliti tentang survei faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi siswa kelas XI dalam mengikuti pelajaran pendidikan jasmani di SMA Muhammad 1 Semarang tahun 2006/2007 mampu mempengaruhi motivasinya dalam mengikuti pelajaran pendidikan jasmani dalam kategori tinggi sedangkan faktor ekstrinsik juga mempengaruhi motivasinya dalam mengikuti pelajaran pendidikan jasmani dalam kategori tinggi pula. Tingginya pengaruh faktor intrinsik terhadap motivasi siswa disebabkan siswa telah memiliki derajat kesehatan yang sangat tinggi, memiliki perhatian yang tinggi pada mata pelajaran pendidikan jasmani, memiliki minat yang tinggi dalam mengikuti pelajaran pendidikan jasmani, serta memiliki bakat dalam bidang olahraga yang tinggi. Sedangkan tingginya pengaruh faktor ekstrinsik disebabkan karena metode mengajar guru memiliki variasi yang tinggi, alat pelajaran pendidikan pendidikan jasmani yang ada memiliki inovasi da kelengkapan yang tinggi, waktu pelajaran memiliki kesesuaian dengan kondisi siswa yang sedang serta kondisi siswa yang sedang serta kondisi lingkungan yang mendukung tinggi.
C)                Kerangka Berpikir
Berdasarkan deskripsi teoritis yang di atas, selanjutnya diajukan kerangka berpikir dan model hubungan antar masing-masing variabel dalam penelitian ini. Sesuai dengan ruang lingkup penelitian yaitu tentang motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi Komputer di SMA Negeri 1 Baureno, dapat diduga yang mempengaruhi motivasi belajar siswa adalah lingkungan sekolah dan metode pembelajaran guru. Keseluruhan faktor tersebut mempunyai kaitan yang sangat erat antara variabel satu dengan variabel lainnya.
1)         Hubungan lingkungan sekolah dengan motivasi belajar
2)         Hubungan peran guru dalam proses pembelajaran dengan motivasi belajar
3)         Model kerangka konseptual
Lingkungan sekolah : X1
Peran guru dalam proses pembelajaran : X2
Motivasi belajar : Y
Keterangan:
·                     Variabelnya adalah lingkungan sekolah, peran guru dalam proses pembelajaran.
·                     Masing-masing variabel berpengaruh terhadap motivasi belajar.


D)                Hipotesis Penelitian
Berdasarkan permasalahan penelitian dan kajian teoritis di atas, maka disusun hipotesis penelitian berikut:
1)         Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi Komputer di SMA Negeri 1 Baureno.
2)         Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan peran guru dalam proses pembelajaran  terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi Komputer di SMA Negeri 1 Baureno.
3)         Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan lingkungan sekolah dan peran guru dalam proses pembelajaran secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi Komputer di SMA Negeri 1 Baureno.


BAB III
METODE PENELITIAN


A)        Jenis Penelitian
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis regresi. Ragam penelitian ini adalah penelitian yang terstruktur yag dimulai dari pengujian hipotesis, sedangkan jenis penelitian bersifat non eksperimental. Penelitian korelasional untuk mengetahui bagaimana faktor-faktor Lingkungan Sekolah (X1), Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran (X2) terhadap Motivasi Belajar Siswa (Y).
Pengumpulan data variabel bebas dan variable terikat dilakukan dengan angket. Analisis regresi digunakan untuk mengetahui dugaan yang paling kuat dan dugaan yang paling lemah diantara variabel bebas terhadap variabel terikat.
B)        Tempat dan Waktu Penelitian
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Baureno.
C)        Populasi, Sampel, dan Sampling Penelitian
a)                    Populasi
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Baureno yang jumlahnya 280 siswa.
b)                    Sampel
Sampel dalam penelitian ini adalah 100 siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Baureno.
c)                    Sampling
Cara pengambilan sampel pada penelitian ini adalah simple random sampling dengan cara diundi, sehingga semua anggota populasi memiliki peluang yang sama untuk menjadi sampel penelitian.
D)        Definisi Operasional Variabel
Definisi operasional dalam penelitian ini adalah:
1)         Motivasi belajar adalah sebuah dorongan untuk melakukan suatu hal yag diwujudksan dalam sebuah tindakan untuk melakukan kegiatan belajar dalam mencapai sebuah tujuan yang diharapkan. Ciri seseorang yang mempunyai motivasi yaitu: tekun menghadapi, ulet menghadapi kesulitan, Menunjukkan minat terhadap bermacam-macam masalah untuk orang dewasa, lebih senang belajar mandiri, cepat bosan pada tugas-tugas yang rutin, dapat mempertahankan pendapatnya, tidak mudah melepaskan hal yang diyakini itu serta senang mencari dan memecahkan masalah soal-soal.
2)         Lingkungan sekolah adalah segala sesuatu yang mempengaruhi kenyamanan belajar siswa baik dalam bentuk aspek fisik maupun aspek non fisik. Termasuk dalam aspek fisik yaitu kelengkapan sarana prasarana, sedangkan dalam aspek non fisik yaitu korelasi siswa dengan siswa warga sekolah. Lingkungan sekolah terkait dengan metode mengajar guru, kurikulum, korelasi guru dengan siswa, korelasi siswa dengan siswa, disiplin sekolah. Lingkungan sekolah mencakup keadaan lingkungan sekolah, suasana sekolah, keadaan gedung, masyarakat sekolah, tata tertib, dan fasilitas-fasilitas sekolah.
3)         Peran Guru dalam Proses Pembelajaran adalah hasil pemahaman siswa terhadap peran guru sehingga nantinya dapat ditentukan bagaimana tanggapan siswa terhadap peran yang telah dijalankan oleh guru tersebut. Adapun indikator dari Peran Guru dalam Proses Pembelajaran yaitu: Sebagai informator, organisator, motivator, direktor inisiator, transmitter , fasilisator , mediator, evaluator dalam proses pembelajaran.
E)        Instrumen dan Metode Pengumpulan Data
Menurut Suharsimi Arikunto (2006:222) metode pengumpulan data adalah cara yang dapat digunakan oleh peneliti untuk teknik pengumpulan data. Berdasarkan sifat masalahnya, yaitu pemanfaatan gambar peneliti bermaksud untuk menguji hipotesis karena hasilnya akan dihitung dengan menggunakan statistik.
1)         Instrumen penelitian
Instrumen merupakan alat bantu yang digunakan untuk mengumpulkan data. Instrumen pada penelitian kuantitatif menggunakan angket, lembar observasi atau lainya. Penelitian ini menggunakan angket tertutup dimana jawaban sudah disediakan oleh peneliti sehingga responden tinggal memilih. Angket ini menggunakan skala likert. Menurut Sugiyono (2010:134) skala likert digunakan untuk mengukur sikap atau pendapat seseorang atau sejumlah kelompok terhadap sebuah fenomena sosial dimana jawaban setiap item instrumen mempunyai gradasi dari sangat positif sampai sangat negatif. Pengisian angket ini dengan cara setiap responden harus memilih satu diantara 4 alternatif jawaban yang ada dari masing-masing item, tidak ada jawaban benar atau salah, setiap jawaban mempunyai skor berbeda. Melalui skala Likert, variabel-variabel yang akan diukur dijabarkan menjadi indikator-indikator. Adapun skor untuk masing-masing alternatif jawaban adalah:
a)         Variabel Motivasi Belajar dan Metode pembelajaran guru
1)         Skor 1 untuk alternatif jawaban Tidak Sesuai
2)         Skor 2 untuk alternatif jawaban Kurang Sesuai
3)         Skor 3 untuk alternatif jawaban Sesuai
4)         Skor 4 untuk alternatif jawaban Sangat Sesuai
b)         Variabel Lingkungan Sekolah
1)         Skor 1 untuk alternatif jawaban Kurang Baik
2)         Skor 2 untuk alternatif jawaban Cukup Baik
3)         Skor 3 untuk alternatif jawaban Baik
4)         Skor 4 untuk alternatif jawaban Sangat Baik
Adapun kisi-kisi penyusunan instrumen angket adalah sebagai berikut:
1)         Lingkungan Sekolah
Indikator dari angket variabel Lingkungan sekolah dapat dilihat dari table berikut ini:
No
Indikator
No item
jumlah
1
Keadaan sekitar sekolah
1,2,3,4
4
2
Keadaan gedung sekolah &  fasilitas sekolah
5,6,7,8
4
3
Sarana & prasarana sekolah.
9,10,11
3
4
Suasana sekolah
11,12,13,14
4
5
Relasi siswa dengan teman-temanya
15,16*
2
6
Relasi siswa dengan guru
17,18
2
7
Relasi siswa dengan staf sekolahan
19,20*
2
8
Tata tertib di sekolah
21,22,23
3
* : nomor item dengan pertanyaan negatif.
2)         Peran guru dalam proses pembelajaran
            Indikator dari angket variabel Metode pembelajaran guru dapat dilihat dari table berikut ini:
No
Indikator
No.item
jumlah
1
Sebagai informator
1,2,3
3
2
Sebagai organisator
4,5*
2
3
Sebagai motivator
6,7,8
3
4
Sebagai direktor
9,10,11
3
5
Sebagai inisiator
12,13,14
3
6
Sebagi transmitter
15,16,17
3
7
Sebagai fasilisator
18,19*,20
3
8
Sebagai mediator
21,22
2
9
Sebagai evaluator
23,24,25
3
* : nomor item dengan pertanyaan negatif.
3)         Motivasi Belajar
Indikator dari angket variabel Motivasi belajar dapat dilihat dari table berikut ini:
No
Indikator
No.item
jumlah
1
Tekun menghadapi tugas
1,2,3,4
4
2
Ulet menghadapi kesulitan.
5,6,7*
3
3
Keinginan mendalami materi yang diberikan.
8,9,10,11
4
4
Senang dan rajin penuh semangat.
12,13,14,15*
4
5
Dapat mempertahankan pendapatnya
16,17,18
3
6
Berprestasi sebaik mungkin.
19,20,21
3
7
Senang mencari dan memecahkan masalah.
22,23*
2
8
Minat terhadap masalah yang belum diketahui
24,25,26
3
* : nomor item dengan pertanyaan negatif.
a)         Validitas Instrumen
Validitas instrumen berhubungan dengan kesesuaian dan kecermatan fungsi alat ukur yang digunakannya. Suatu alat pengukur dikatakan valid jika benar-benar sesuai menjawab tentang variabel yang diukur. Validitas adalah suatu ukuran yang menunjukan kevalidan atau keahlian suatu instrumen. Menurut Sugiyo (2004:109), sebuah instrumen dikatakan valid apabila mampu mengukur apa yag diteliti secara tepat. Validitas instrumen dalam penelitian ini dilakukan dengan validitas konstruk dan validitas isi. Menurut Sugiyo (2004:141), validitas konstruk dilakukan dengan mengkonsultasikan indikator-indikator yang digunakan dalam instrumen pada ahli dibidangnya sehingga pengembangan indikatornya sesuai dengan kebutuhan penelitian.
Validitas isi dilakukan dengan mengembangkan kisi-kisi instrumen menjadi butir-butir (item) pertanyaan. Sehubungan validitas alat ukur, Suharsimi Arikunto (2002:145), membedakan dua macam validitas alat ukur yaitu validitas logis dan validitas empiris. Validitas logis merupakan validitas yang diperoleh melalui cara-cara yang benar sehingga menuntut logika yang dapat mencapai suatu tingkat validitas yang dikehendaki. Validitas empiris adalah validitas yang diperoleh dengan jalan mengujicobakan instrumen pada sasaran yang sesuai dalam penelitian.
Uji validitas instrumen dimaksudkan untuk mendapatkan alat ukur yang sahih dan terpercaya. Pengujian validitas logis dalam penelitian ini, dilakukan dengan jalan mengkonsultasikan kisi-kisi instrumen yang telah disusun kepada ahli, dalam hal ini adalah dosen yang ahli di bidang pendidikan.
Selesai angket disusun dan diuji coba validitas logis dan reliabilitas, angket tersebut diujicobakan pada 30 siswa dari SMA yang memiliki karakteristik yang hampir sama di luar sampel penelitian untuk mengetahui validitas item soal. Menurut Sugiyanto (2010:177) instrumen yang diujicobakan pada sampel dimana populasi diambil dengan jumlah anggota sampel yang digunakan sekitar 30 orang. Hasil uji coba ini diketahui sejauh mana validitas dan reabilitas instrumen yang akan digunakan dalam pengambilan data.
Pengujian validitas adalah pengujian yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana ketepatan dan kecermatan alat ukur dalam melakukan fungsinya sebagai alat ukur. Nilai validitas yang dicari dengan menggunakan rumus koefisien korelasi product moment dari Karl Person     (Suharsimi Arikunto,2006:170). Pengujian validitas ini dilakukan untuk mengukur validitas instrument.
Rumusnya :
Keterangan:
r XY    = Koefisien korelasi
N         = Jumlah responden
XY      = Total perkalian skor item dan total
X         = Jumlah skor item
Y         = Jumlah skor total
        = Jumlah kuadrat skor item
        = Jumlah kuadrat skor total (Suharsimi Arikunto, 2006:170)
Pengujian validitas empiris dapat menggunakan teknik analisis butir, yaitu dengan cara mengkorelasikan skor tiap butir dengan skor totalnya. Menurut Sutrisno Hadi (1987:27) suatu butir dikatakan valid apabila rpq>r-tabel pada taraf signifan 5% pada pengujian satu sisi.
F)         Teknik Analisis Data
Teknik analisis data adalah suatu cara yag dilakukan untuk mengolah data agar dihasilkan suatu kesimpulan yang tepat. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisa deskriptif dan pengujian hipotesis dengan menggunakan regresi dua predictor atau dugaan.

G)        Prosedur/jadwal Penelitian
            Berikut ini adalah prosedur atau langkah-langkah dalam pelaksanaan penelitian:
1)                  Peneliti memahami kerangka berpikir dalam penelitian.
2)                  Peneliti melakukan dugaan sementara pada masalah penelitian.
3)                  Peneliti memilih populasi dan sampel yang akan digunakan untuk penelitian.
4)                  Peneliti memberikan angket kepada sampel yang telah dipilih untuk dilakukannya pengumpulan data.
5)                  Peneliti menganalisis data yang telah terkumpul.
6)                  Peneliti melakukan laporan dan konsultasi kepada pembimbing untuk meminta koreksi dan arahan.
Berikut ini adalah jadwal penelitian yang akan dilaksanakan.
No.
Kegiatan
Tahun 2013
Januari
Februari
Maret
April
1.
Persiapan
x
x
x
2.
Pengumpulan dan Analisis Data
x
x
x
x
3.
Penulisan Laporan dan Konsultasi
x
x
x
x
4.
Penggandaan
x



DAFTAR PUSTAKA


banner
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Blog Archive

Advertising