Monday 6 February 2017

MAKALAH BULU TANGKIS

MAKALAH

Bulu Tangkis








Dosen Pembimbing: Drs. Mulyo Irawan

Oleh Kelas : D
Shouki Nurfarid Al hadi (44)




JURUSAN PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU EKSAKTA DAN KEOLAHRAGAAN
IKIP BUDI UTOMO MALANG

2011

KATA PENGANTAR

            Puji syukur yang dalam penyusun sampaikan kehadirat Allah SWT, karena atas limpahan rahmat, karunia, dan hidayah-Nya sehingga penyusun dapat menyelesaiakan makalah ini sesuai yang diharapkan.
            Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Rasulallah SAW, yang telah membawa kita dari jalan kegelapan menuju jalan yang terang benderang.
            Makalah ini kami susun untuk memenuhi tugas mata kuliah T & P Bulu Tangkis I Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi IKIP BUDI UTOMO MALANG. Pembuatan makalah ini diperlukan supaya penulis dan pembaca dapat memahami dan mengkaji tentang Bulu Tangkis.
            Dalam proses pendalaman materi ini, tentunya kami mendapatkan bimbingan, arahan, koreksi, dan saran. Untuk itu rasa terima kasih yang dalam kami sampaikan kepada:
·                    Drs. Mulyo Irawan yang telah membimbing kami dalam mata kuliah T & P Bulu Tangkis I.
·                    Rekan – Rekan mahasiswa yang telah memberikan masukan untuk makalah ini.
Penyusun sadar bahwa dirinya hanya manusia biasa yang pasti mempunyai banyak kesalahan dan kekurangan. Untuk itu penyusun mengharap kritik dan saran yang bersifat membangun demi pengembangn makalah ini selanjutnya. Demikian makalah ini kami buat semoga bermanfaat.


                                                                                                         Malang, 29 Oktober 2011
                                                                           

                                                                                                             Penyusun,

DAFTAR ISI
Kata Pengantar….…………………………………………………………..……………...……..i
Daftar Isi……….……………………………………………………….......................................ii

BAB I PENDAHULUAN
1.1              Latar Belakang…………………………….…………….…...……….…………...………1
1.2              Rumusan Masalah………………………….…………….…………..……………………2
1.3              Tujuan Permasalahan…………………………………..…………...………..……………2

BAB II PEMBAHASAN
2.1              SejarahBulu Tangkis...........................................................................................................3
2.2              PengertianBulu Tangkis......................................................................................................4
2.3              Perlengkapan Bulu Tangkis.................................................................................................5
2.4              Cara dan Teknik Permainan Bulu Tangkis..........................................................................6
2.5              Sistem Perhitungan Nilai.....................................................................................................9
2.6              Pertandingan-pertandingan internasional..........................................................................10
BAB III PENUTUP
3.1              Kesimpulan……………….…………….…………………………..……………………11
3.2              Saran-Saran………………….…………...……....………………………………………12

DAFTAR PUSTAKA…………………...........................……………………...………..............13



BAB I
PENDAHULUAN

1.1              Latar belakang
Bulu tangkis merupakan salah satu olahraga yang terkenal di dunia. Olahraga ini menarik minat dari berbagai kelompok umur, dari berbagai tingkat keterampilan, dan dari jenis kelamin pria maupun wanita. Olahraga bulu tangkis adalah olahraga permainan. Bulu tangkis dimainkan dengan permainan cepat yang membutuhkan gerak reflek yang baik dan tingkat kebugaran yang tinggi. Dengan bermain bulu tangkis, pemain dapat mengambil keuntungan dari segi sosial, hiburan, dan mental.
Bulu tangkis adalah cabang olahraga yang termasuk ke dalam kelompok olahraga permainan. Olahraga bulu tangkis dapat dijadikan permainan untuk rekreasi bahkan sebagai ajang persaingan. Bulu tangkis dapat dimainkan di dalam maupun di luar ruangan, di atas lapangan yang dibatasi dengan garis-garis dalam ukuran panjang dan lebar tertentu. Lapangan bulu tangkis dibagi menjadi dua sama besar dan dipisahkan oleh net yang tergantung di tiang net yang ditanam di penggir lapangan. Bulu tangkis atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang berlawanan.
Mirip dengan tenis, bulutangkis dimainkan dengan pemain di satu sisi bertujuan memukul bola permainan ("kok" atau "shuttlecock") melewati net agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan. 
Pemain juga harus mencoba mencegah lawannya melakukan hal tersebut kepadanya. Berikut ini adalah partai yang biasa dimainkan dalam bulu tangkis:
1)                  Tunggal putra.
2)                  Tunggal putri.
3)                  Ganda putra.
4)                  Ganda putri.
5)                  Ganda campuran.
Tiap pemain atau pasangan mengambil posisi pada posisinya masing-masing. Tujuan permainan adalah untuk memukul sebuah kok menggunakan raket, melompati jaring ke wilayah lawan sebelum pemain atau pasangan lawan bisa memukulnya balik.

1.2              Rumusan masalah
Adapun rumusan masalah yang akan dibahas dalam pembuatan makalah ini, yaitu sebagai berikut:
1)                  Bagimanakah sejarah olahraga bulu tangkis?
2)                  Apakah yang disebut dengan olahraga bulu tangkis?
3)                  Sebutkan perlengkapan yang dibutuhkan dalam olahraga bulu tangkis?
4)                  Bagaimanakah cara dan teknik dalam olahraga bulu tangkis?
5)                  Sebutkan sistem perhitungan nilai yang digunakan dalam olahraga bulu tangkis?
6)                  Sebutkan pertandingan bulu tangkis yang pernah diperlombakan secara internasional?
1.3              Tujuan permasalahan
Adapun tujuan-tujuan yang ingin dicapai dalam pembuatan makalah ini, yaitu sebagai berikut:
1)                  Memenuhi tugas yang diberikan pada mata kuliah T & P Bulu Tangkis I.
2)                  Sebagai bentuk pengetahuan mengenai bulu tangkis.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1              Sejarah Bulu Tangkis
Olah raga bulu tangkis kemungkinan berkembang di Mesir kuno sekitar 2000 tahun lalu, tetapi juga disebut-sebut di India dan Tiongkok. Nenek moyang terdininya diperkirakan ialah sebuah permainan Tionghoa, Jianzi yang melibatkan penggunaan kok tetapi tanpa raket. Alih-alih, objeknya dimanipulasi dengan kaki. Objek/misi permainan ini adalah untuk menjaga kok agar tidak menyentuh tanah selama mungkin tanpa menggunakan tangan. Di Inggris sejak zaman pertengahan permainan anak-anak yang disebut Battledores dan Shuttlecocks sangat populer. Anak-anak pada waktu itu biasanya akan memakai dayung/tongkat (Battledores) dan bersiasat bersama untuk menjaga kok tetap di udara dan mencegahnya dari menyentuh tanah. Ini cukup populer untuk menjadi nuansa harian di jalan-jalan London pada tahun 1854 ketika majalah Punch mempublikasikan kartun untuk ini. Penduduk Inggris membawa permainan ini ke Jepang, Republik Rakyat China, dan Siam (sekarang Thailand) selagi mereka mengolonisasi Asia. Kemudian dengan segera menjadi permainan anak-anak di wilayah setempat mereka.
Olah raga kompetitif bulutangkis diciptakan oleh petugas Tentara Britania di Pune, India pada abad ke-18 saat mereka menambahkan jaring/net dan memainkannya secara bersaingan. Oleh sebab kota Pune dikenal sebelumnya sebagai Poona, permainan tersebut juga dikenali sebagai Poona pada masa itu. Para tentara membawa permainan itu kembali ke Inggris pada 1850-an. Olah raga ini mendapatkan namanya yang sekarang pada 1860 dalam sebuah pamflet oleh Isaac Spratt, seorang penyalur mainan Inggris, berjudul "Badminton Battledore - a new game" ("Battledore Bulu tangkis - sebuah permainan baru"). Ini melukiskan permainan tersebut dimainkan di Gedung Badminton (Badminton House), estat Duke of Beaufort's di Gloucestershire, Inggris. Rencengan peraturan yang pertama ditulis oleh Klub Badminton Bath pada 1877. Asosiasi Bulu tangkis Inggris dibentuk pada 1893 dan kejuaraan internasional pertamanya berunjuk-gigi pertama kali pada 1899 dengan Kejuaraan All England.
Bulu tangkis menjadi sebuah olahraga populer di dunia, terutama di wilayah Asia Timur dan Tenggara, yang saat ini mendominasi olahraga ini, dan di negara-negara Skandinavia.
International Badminton Federation (IBF) didirikan pada 1934 dan membukukan Inggris, Irlandia, Skotlandia, Wales, Denmark, Belanda, Kanada, Selandia Baru, dan Prancis sebagai anggota-anggota pelopornya. India bergabung sebagai afiliat pada 1936. Pada IBF Extraordinary General Meeting di Madrid, Spanyol, September 2006, usulan untuk mengubah nama International Badminton Federation menjadi Badminton World Federation (BWF) diterima dengan suara bulat oleh seluruh 206 delegasi yang hadir. Olahraga ini menjadi olahraga Olimpiade Musim Panas di Olimpiade Barcelona tahun 1992. Indonesia dan Korea Selatan sama-sama memperoleh masing-masing dua medali emas tahun itu.
2.2              Pengertian Bulu Tangkis
Bulu tangkis adalah cabang olahraga yang termasuk ke dalam kelompok olahraga permainan. Bulu tangkis dapat dimainkan di dalam maupun di luar ruangan, di atas lapangan yang dibatasi dengan garis-garis dalam ukuran panjang dan lebar tertentu. Lapangan bulu tangkis dibagi menjadi dua sama besar dan dipisahkan oleh net yang tergantung di tiang net yang ditanam di penggir lapangan. Bulu tangkis atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang berlawanan. Bulu tangkis mirip dengan olahraga tenis yang dimainkan dengan pemain di satu sisi. Tetapi, bulu tangkis menggunakan bola permainan yang disebut dengan "kok" atau "shuttlecock" yang berbahan dari bulu unggas. Dalam olahraga bulu tangkis terbagi menjadi beberapa partai kelompok permainan. Berikut ini adalah partai yang biasa dimainkan dalam bulu tangkis:
1)                  Tunggal putra.
2)                  Tunggal putri.
3)                  Ganda putra.
4)                  Ganda putri.
5)                  Ganda campuran.
Tiap pemain atau pasangan mengambil posisi pada posisinya masing-masing. Tujuan permainan adalah untuk memukul sebuah kok menggunakan raket, melompati jaring ke wilayah lawan sebelum pemain atau pasangan lawan bisa memukulnya balik. Pemain juga harus mencoba mencegah lawannya melakukan hal tersebut kepadanya.  Untuk setiap kali berhasil memasukkan kok ke wilayah lawan dengan tidak melakukan pelanggaran, maka pemain akan mendapat poin dalam permainan reli. Permainan reli akan berakhir jika pemain telah mengumpulkan poin 21 atau lebih dengan selisih 2 poin dari pemain lawan hingga point terakhir 30.
2.3              Perlengkapan Bulu Tangkis
1)                  Lapangan
Lapangan bulu tangkis berbentuk persegi panjang dan mempunyai ukuran seperti terlihat pada gambar. Garis-garis yang ada mempunyai ketebalan 40 mm dan harus berwarna kontras terhadap warna lapangan. Warna yang disarankan untuk garis adalah putih atau kuning. Permukaan lapangan disarankan terbuat dari kayu atau bahan sintetis yg lunak. Permukaan lapangan yang terbuat dari beton atau bahan sintetik yang keras sangat tidak dianjurkan karena dapat mengakibatkan cedera pada pemain. Berikut ini adalah gambar lapangan bulu tangkis beserta ukuran-ukurannya:
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/2/2f/Badminton_court_3d_small.png
2)                  Raket
Secara tradisional raket dibuat dari kayu. Kemudian aluminium atau logam ringan lainnya menjadi bahan yang dipilih. Kini, hampir semua raket bulu tangkis profesional berkomposisikan komposit serat karbon (plastik bertulang grafit). Serat karbon memiliki kekuatan hebat terhadap perbandingan berat, kaku, dan memberi perpindahan energi kinetik yang hebat. Namun, sejumlah model rendahan masih menggunakan baja atau aluminium untuk sebagian atau keseluruhan raket.
3)                  Senar
Mungkin salah satu dari bagian yang paling diperhatikan dalam bulu tangkis adalah senar nya. Jenis senar berbeda memiliki ciri-ciri tanggap berlainan. Keawetan secara umum bervariasi dengan kinerja. Kebanyakan senar berketebalan 21 ukuran dan diuntai dengan ketegangan 18 sampai 30+ lb. Kesukaan pribadi sang pemain memainkan peran yang kuat dalam seleksi senar.
4)                  Kok
Kok adalah bola yang digunakan dalam olahraga bulu tangkis, terbuat dari rangkaian bulu angsa yang disusun membentuk kerucut terbuka, dengan pangkal berbentuk setengah bola yang terbuat dari gabus. Dalam latihan atau pertandingan tidak resmi digunakan juga kok dari plastik.
5)                  Sepatu
Karena percepatan sepanjang lapangan sangatlah penting, para pemain membutuhkan pegangan dengan lantai yang maksimal pada setiap saat. Sepatu bulu tangkis membutuhkan sol karet untuk cengkraman yang baik, dinding sisi yang bertulang agar tahan lama selama tarik-menarik, dan teknologi penyebaran goncangan untuk melompat; bulu tangkis mengakibatkan agak banyak stres (ketegangan) pada lutut dan pergelangan kaki.
6)                  Net
Bulutangkis tidak akan pernah bisa berjalan tanpa perlengkapan yang satu ini. Net merupakan pembatas antara bidang permainan pemain yang satu dengan yang lain. Tinggi net kurang lebih 152 cm dan sama untuk semua jenis permainan, baik itu tunggal maupun ganda, putri maupun putra. Jaring harus berwarna gelap kecuali bibir jaring yang mempunyai ketebalan 75 mm harus berwarna putih.
2.4              Cara dan Teknik Permainan Bulu Tangkis
1)                  Area permainan
Tiap pemain atau pasangan mengambil posisi berseberangan pada kedua sisi jaring di lapangan bulu tangkis. Permainan dimulai dengan salah satu pemain melakukan servis. Tujuan permainan adalah untuk memukul sebuah kok menggunakan raket, melewati jaring ke wilayah lawan, sampai lawan tidak dapat mengembalikannya kembali. Area permainan berbeda untuk partai tunggal dan ganda. Bila kok jatuh di luar area tersebut maka kok dikatakan "keluar". Setiap kali pemain/pasangan tidak dapat mengembalikan kok (karena menyangkut di jaring atau keluar lapangan) maka lawannya akan memperoleh poin. Permainan berakhir bila salah satu pemain/pasangan telah meraih sejumlah poin tertentu.
2)                  Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis
A)                Cara Memegang Raket Pegangan raket ada tiga macam, yaitu:
a)                  Pegangan forehand (pegangan dasar), Pegangan ini dapat di peroleh dengan cara mendirkan raket yang sisinya tegak dengan lantai Pegangan ini hampir sama dengan posisi tangan sedang bersalaman.
b)                  Pegangan backhand, Pegangan ini dapat di peroleh dengan jalan memutar seperempat ke kanan dari pegangan forehead.
c)                  Pegangan pukul kasur/Amerika, Cara pegangan ini adalah mula-mula raket diletakkan secara mendatar di atas lantai. Kemudian ambil dan peganglah raket pada pegangannya, sehingga bagian tangan antar ibu jari dan jari telunjuk menempel pada bagian permukaan yang lebar.
B)                Teknik Pukulan
Teknik pukulan adalah cara-cara melakukan pukulan pada permainan bultangkis dengan tujuan menerbangkan shuttlecock ke lapangan lawan. Terdapat macam-macam teknik dasar pukulan dalam permainan bulutangkis, yaitu:
a)                  Pukulan Servis
Pukulan servis merupakan pukulan degan raket untuk menerbangkan shuttlecock ke bidang lapangan lawan secara diagonal dan bertujuan sebagai permulaan permainan. Servis dilakukan dari satu sisi lapangan (kiri atau kanan) menyilang menyeberangi jaring ke area lawan. Partai tunggal dan ganda memiliki area servis yang berbeda. Bila kok jatuh di luar area tersebut maka kok dinyatakan "keluar" dan poin untuk penerima servis. Posisi kiri atau kanan tempat servis dilakukan ditentukan dari jumlah poin yang telah dikumpulkan oleh pemain yang akan melakukan servis. Posisi kanan untuk jumlah poin genap dan posisi kiri untuk jumlah poin ganjil. Servis dari posisi kanan juga dilakukan saat jumlah poin masih nol. Pada set pertama pemain/pasangan yang melakukan servis untuk pertama kali ditentukan dengan undian, sedangkan untuk set berikutnya dilakukan oleh pemenang dari set sebelumnya. Macam-macam pukulan servis, yaitu:
1)                 Pukulan servis panjang
Servis panjang hampir sama dengan gerakan mengayun pada pukulan forehand dibawah tangan. Pemain harus berdiri didekat garis tengah dan kira-kira 4 hingga 5 kaki (1,5 meter) di belakang garis servis pendek. Posisi ini menempatkan pemain dekat dengan bagian tengah lapangan dan kira-kira sama jauhnya dengan semua sudut lapangan. Salah satu kaki dimajukan ke depan dengan kaki belakang adalah kaki yang lebih dominan. Tangan yang memegang raket adalah tangan yg lebih dominan, sedangkan tangan satunya lagi memegang kok. Ayunkan tangan yang memegan raket dari belakang ke depan menuju kok yang dilepas oleh tangan satunya. Kok harus melambung tinggi menuju garis belakang lawan. Setelah itu, pindahkan tubuh ke posisi tengah lapangan untuk tunggal, sedangkan untuk double pindah ke posisi masing-masing dan bersiap menerima kok jika lawan berhasil mengembalikannya.
2)                 Pukulan servis pendek.
Persiapan untuk melakukan servis pendek sama dengan persiapan servis panjang. Salah satu yang membedakan adalah posisi berdiri lebih dekat ke garis servis yang kira-kira berjarak +/-15cm. Selain itu, dorongan kok harus melambung rendah di atas net dan mendarat tipis melewati garis servis lawan. Servis pendek memiliki keuntungan jika menggunakan pegangan backhand, karena bola akan lebih cepat dan bergerak dengan jarak yang lebih pendek.
b)                  Pukulan Lob
Pukulan lob adalah pukulan dalam permainan bulutangkis yang bertujuan untuk menerbangkan shuttlecock setinggi mungkin mengarah jauh ke belakang garis lapangan lawan. Pukulan lob dapat di lakukan dengan dua cara. yaitu:
1)                  Overhead lob, yaitu pukulan lob yang dilakukan dari atas kepala dengan cara menerbangkan shuttlecock melambung ke arah belakang. Pukulan overhead terbagi menjadi dua, yaitu:
A)                Pukulan Forehand Overhead
Gerakan pukulan forehand overhead hampir sama dengan gerakan melempar bola. Gerakan ini bertujuan melambungkan kok ke arah belakang wilayah lawan dengan menggunakan pegangan forehand di atas kepala.
B)                Pukulan  Backhand Overhead
Gerakan ini bertujuan melambungkan kok ke arah belakang wilayah lawan dengan menggunakan pegangan backhand di atas kepala.
2)                  Underhand lob, yaitu pukulan lob yang dilakukan dari bawah dengan cara memukul shuttlecock yang berada di bawah badan dan di lambungkan tinggi ke belakang.
c)                  Pukulan Clear
Pukulan ini memiliki tujuan untuk membuat bola menjauh dari lawan sehingga membuat lawan bergerak lebih cepat dan bisa membuat lawam lebih lelah. Pukulan clear dapat dilakukan dengan pegangan forehand maupun backhand, pada posisi overhead ataupun underhand.
d)                 Pukulan Drop Shot
Pukulan drop shot adalah pukulan rendah tipis di atas net dan pelan, sehingga kok langsung jatuh menuju lantai. Pukulan drop shot dapat dilakukan dengan pegangan forehand maupun backhand, pada posisi overhead ataupun underhand.
e)                  Pukulan Smash
Pukulan smash adalah pukulan yang cepat, diarahkan ke bawah dengan kuat dan tajam. Pukulan ini bertujuan untuk mengembalikan bola pendek yang telah dipukul ke atas oleh lawan. Pukulan smash terbagi menjadi dua pukulan, yaitu:
1)                              Pukulan smash forehand
2)                              Pukulan smash backhand
f)                   Pukulan Drive
Pukulan drive adalah pukulan datar yang mengarahkan bola dengan lintasan horizontal melintasi net. Pukulan drive terbagi menjadi pukulan drive forehand dan pukulan drive backhand. Pukulan drive forehand maupun pukulan drive backhand adalah pukulan yang sama-sama mengarahkan bola dengan ketinggian yang cukup untuk melakukan clear pada bola dengan jalur yang datar atau sedikit menurun.
2.5              Sistem Perhitungan Nilai
Beberapa peraturan berbeda diterapkan untuk perhitungan poin, ada yang menggunakan sistem pindah bola dan sistem reli poin, berikut penjelasannya:
1)                  Sistem pindah bola
a)                  Sebelum pertandingan dimulai, harus ditentukan salah seorang pemain dari tiap-tiap pasangan sebagai "orang pertama". Pilihan ini berlaku untuk setiap set yang dimainkan.
b)                  Jumlah poin genap atau ganjil menentukan posisi "orang pertama" saat melakukan servis.
c)                  Setiap pasangan mempunyai dua kali kesempatan servis (masing-masing untuk tiap pemain) sebelum pindah bola, kecuali servis pertama pada tiap-tiap awal set tidak mendapat kesempatan kedua.
d)                 Saat pindah bola, servis pertama selalu dilakukan oleh pemain yang berada di sebelah kanan, bukan oleh "orang pertama".
2)                  Sistem reli poin
a)                  Setiap pasangan hanya mendapat satu kali kesempatan servis, tidak ada servis kedua.
b)                  Servis dilakukan oleh pemain yang posisinya sesuai dengan poin yang telah diraih oleh pasangan tersebut.
c)                  Pemain yang sama akan terus melakukan servis sampai poin berikutnya diraih oleh lawan.
Sejak Mei 2006, pada kejuaraan resmi seluruh partai menggunakan sistem perhitungan 3x21 reli poin. Pemenang adalah pemain/pasangan yang telah memenangkan dua set.
2.6       Pertandingan-pertandingan internasional
Adapun pertnadingan-pertandingan Internasional yang penting diantaranya:
1)                 Kejuaraan All England.
2)                 Kejuaraan dunia yang resmi (world Badminton Championship).
3)                 Kejuaraan Asia (Asia badminton Championship).
4)                 Kejuaraan bulu tangkis di dalam Asian games, SEA Games, Commonwealth Games dan sebagainya (beregu dan perorangan).
5)                 Kejuaraan dunia beregu terdiri dari:
-                      untuk golongan pria disebut Thomas Cup Championship.
-                      untuk golongan wanita disebut Uber Cup Championship.

BAB III
PENUTUP

3.1              Kesimpulan
Olahraga bulu tangkis memiliki sejarah yang panjang dan masih dirgukan karena kurang akuratnya bukti-bukti. Bulu tangkis adalah cabang olahraga yang termasuk ke dalam kelompok olahraga permainan. Bulu tangkis dapat dimainkan di dalam maupun di luar ruangan, di atas lapangan yang dibatasi dengan garis-garis dalam ukuran panjang dan lebar tertentu. Lapangan bulu tangkis dibagi menjadi dua sama besar dan dipisahkan oleh net yang tergantung di tiang net yang ditanam di penggir lapangan. Bulu tangkis atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang berlawanan. Dalam olahraga bulu tangkis terbagi menjadi beberapa partai kelompok permainan, yaitu:
1)                  Tunggal putra.
2)                  Tunggal putri.
3)                  Ganda putra.
4)                  Ganda putri.
5)                  Ganda campuran.
Olahraga bulu tangkis memiliki perlengkapan untuk dapat memainkannya. berikut ini adalah perlengkapan olahraga bulu tangkis:
1)                  Raket.
2)                  Lapangan.
3)                  Senar.
4)                  Kok .
5)                  Net.
6)                  Sepatu.
7)                  Dan lain-lain
Olahraga bulu tangkis memiliki cara dan teknik untuk dapat memainkannya dengan baik. Bermain bulu tangkis harus bisa menguasai area permainan dan teknik dasar seperti memukul kok dengan baik, agar dapat memenangkan pertandingan.
Dalam olahraga bulu tangkis, ada sistem perhitungan nilai yang berbeda, yaitu sistem pindah bola dan sistem relly point. Olahraga bulu tangkis telah banyak diperlombakan dalam ajang internasional, seperti kejuaraan bulu tangkis All England.
3.2              Saran-saran
Untuk dapat memainkan olahraga bulu tangkis dengan baik, pemain harus terlebih dahulu menguasai teknik dasar permainan seperti, penguasaan area permainan, pukulan servis yang baik, maupun pukulan-pukulan mengembalikan bola untuk bertahan dan menyerang seperti smash.

DAFTAR PUSTAKA


PooleJames. 2004Belajar Bulu TangkisBandungPionir Jaya
Grice, Tony. 2007Bulu TangkisJakartaPT Raja Grafindo Persada




banner
Previous Post
Next Post

26 comments:

  1. Bermain game online disini sangat banyak keuntungan yang anda dapatkan disini bandar togel

    ReplyDelete
  2. Daftarkanlah akun anda saat ini juga dan dapatkan hadiah yang menarik tentunya hanya bersama dengan Obor 138.
    Banyak sekali sekarang game judi yang sudah beralih ke online. Tentu saja ada sangat banyak yang menyediakan situs judi, tetapi anda harus lebih teliti lagi dalam memillih. Inilah ciri ciri situs judi online yang terpercaya seperti berikut:
    Mempunyai banyak permainan yang menarik untuk dimainkan
    Dilengkapi dengan Sistem Keamanan yang Terjamin
    Menawarkan Berbagai Bonus dan juga Cuan
    Dapat di Mainkan di Mana Saja dan Kapan Saja
    Hanya Obor138 yang bisa memberikan jaminan seperti yang saya terangkan diatas.

    obor138
    asia 138 slot
    obor 138
    obor 138 slot
    obor138 slot
    obor138 slot login
    obor 138 slot login
    situs slot online
    situs slot terpercaya 138
    situs slot terbaik 138
    slot online
    slot online obor138
    situs slot gacor obor138
    slot gacor
    obor138 link alternatif
    obor 138 link alternatif
    obor138 login
    obor 138 login
    obor138 daftar
    daftar obor138
    obor 138 daftar
    daftar obor 138
    situs judi

    KUY BANG GASKEUNNN!!!

    ReplyDelete
  3. Bagian konten yang menarik. Saya baru saja menemukan situs web Anda dan di modal tambahan untuk menyatakan bahwa saya benar-benar menikmati akun posting blog Anda. Bagaimanapun saya akan berlangganan augment Anda dan bahkan saya berhasil mengakses Anda secara konsisten dengan cepat.

    Mari bergabung bersama komunitas Forum Slot Indonesia Terbesar

    ReplyDelete
  4. Kemudahan yang didapatkan di obor 138 slot akan memberikan anda kesempatan untuk menang lebih besar. Banyaknya variasi game dari berbagai jenis provider yang menyediakan bocoran info mengenai kegacoran yang bisa anda temui di situs slot Obor 138 gacor. Dan tentunya game slot online gacor akan berubah tiap harinya. Pastikan bahwa anda menghubungi kami melalui livechat yang telah kami sediakan untuk memudahkan anda dalam mendapatkan info.
    obor 138 slot
    slot gacor obor 138
    Agen slot obor 138
    judi slot online
    situs slot gacor
    obor138 link alternatif
    slot online

    ReplyDelete
  5. Begitu banyak variasi jenis dan jumlah permainan slot gacor yang tersedia di situs judi online OBOR 138 slot untuk anda mainkan.
    obor 138 slot gacor terbaik dan terpercaya

    ReplyDelete
  6. Di Obor 138 agen slot gacor selalu menyediakan permainan Fair to play, oleh karena itu anda tidak akan merasa tertipu oleh kami. Obor 138 slot juga tentunya sudah berlisensi Internasional jadi tentunya anda bisa bermain dengan enjoy dan senang pastinya. Kemenangan yang anda dapatkan dari taruhan - taruhan lakukan akan kami bayar 100% murni.
    slot gacor obor 138

    ReplyDelete
  7. Melakukan proses deposit di Obor 138 slot gacor hanya membutuhkan sekitar 3 menit dan untuk proses withdraw hanya memakan 5 menit. Di karenakan kami juga sudah bekerja sama dengan bank - bank lokal Indonesia yang sudah tidak asing di telinga masyarakat. Oleh karena itu, kami selalu siap memberikan pelayanan terbaik untuk para bettors.
    obor138 link alternatif

    ReplyDelete
  8. Opsi provider game slot online terpercaya yang disediakan oleh situs website obor138 slot ialah provider dengan mutu terbaik dengan tampilan game yang bagus dan modern. Provider itu mencakup Microgaming, PG Soft, Spadegaming, Pragmatic Play, Habanero, Toptrend Gaming, Slot88, Playstar, Joker, CQ9, BBIN, BBP, BNG, serta yang lain-lain. Cuma dengan deposit 50.000 ribu rupiah serta sistem bisnis yang gampang memakai transfer Bank Indonesia ataupun dompet digital E-Wallet, anda bisa menikmati semua opsi game slot online dengan win rate besar ialah 98% serta pastinya sediakan beraneka ragam tambahan jackpot sensational dengan jaminan gampang claim.
    obor 138 slot gacor

    ReplyDelete
  9. Selain menyediakan banyak game situs slot online, OBOR 138 gacor selalu memberikan tips & trik dalam bermain di situs slot online agar mendapatkan jackpot terbesar setiap harinya. Perlu diingat bahwa provider permainan yang direkomendasikan oleh situs obor 138 slot tentunya sudah mempunyai tingkat kemenangan yang tinggi.
    slot judi online terbaik dan terpercaya OBOR138

    ReplyDelete
  10. Obor 138 Slot Gacor Terbaru Hari Ini terpercaya dengan bonus terbaik. jika anda bergabung jadi member bisa memperoleh bermacam- macam provit menarik. situs slot online terbaik memperkenalkan metode sistem deposit melalui e-wallet dan transfer bank yang memberi anda kemudahan dalam memainkan seluruh game dengan satu akun saja buat bermain game slot online. gabung sekarang supaya anda memperoleh banyak keuntungan, dengan bermain serta mengumpulkannya bisa membuat anda jadi kaya dalam waktu singkat

    ReplyDelete
  11. Jangan sampai ketinggalan!!! ayo cepat gabung dan daftar diri anda sekarang juga agar anda tidak ketinggalan dengan penawaran segala bonafit deposit E-wallet, transfer bank mendapatkan bonus promo new member 100% untuk member baru ikut bergabung. segala provit dan bonus ataupun jakcpot terbesar bisa anda dapatkan dengan mudah di situs slot obor 138 online terbaik dan terpercaya.

    ReplyDelete
  12. Anda mencari slot online yang memberikan keuntungan banyak?inilah kesempatan Anda bisa memainkan permainan judi slot online terbaik dan terpercaya obor138 di mana saja anda berada, sangat banyak penawaran menarik yang ditawarkan setiap harinya. maka dari itu, untuk daftar situs judi slot online terpercaya ini sangatlah dibutuhkan dan banyak orang mencarinya setiap harinya, Seperti Situs SLOT OBOR 138 dan tentunya itu memiliki bermacam- macam game slot online terbaik, dan juga disertai kumpulan situs judi slot online terpercaya.

    ReplyDelete
  13. nice artikel, bermanfaat, bisa membantu menambah wawasan

    ReplyDelete
  14. tidak perlu sangsi lagi terhadap tingkat kemanangan yang tinggi di situs obor 138. tentunya Obor 138 slot ini adalah situs slot online terbaik yang memberikan tingkat kemenangan tertinggi pada permainan slot online. kunjungi di link
    agen slot obor 138
    situs slot online
    obor 138 slot

    ReplyDelete
  15. Hanya situs Obor 138 slot online terpercaya yang mampu memenuhi keinginan anda semua. Tidak hanya terpercaya, betting dalam OBOR138 tergolong rendah loh! Jadi dapat dipastikan bahwa anda akan semakin nyaman dalam bermain game slot online.
    obor 138 slot
    slot gacor obor 138
    Agen slot obor 138

    ReplyDelete
  16. OBOR138 merupakan situs judi slot online terpercaya, dimana OBOR138 menjadikan dirinya sebagai tempat perjudian terlengkap yang ada di Indonesia. Setiap hari ribuan orang telah mendaftarkan diri mereka untuk menjadi bagian dari situs SLOT OBOR 138 dalam mendapatkan uang tunai asli tiap harinya.
    slot 138 online
    obor 138 slot gacor
    obor 138 slot gacor terbaik dan terpercaya
    obor138 slot judi online terbaik dan terpercaya

    ReplyDelete
  17. Obor 138 situs judi slot online terpercaya menyediakan permainan slot online terbaik dengan hadiah jackpot terbesar dan tingkat winrate tertinggi. bonus promo yang sudah pasti menarik!
    obor 138 slot online terbaik
    slot obor 138

    ReplyDelete
  18. Obor 138 situs slot online terbaik dan terpercaya di indonesia merupakan daftar situs slot gacor terbaik yang mudah untuk memenangkan jackpot yang sangat besar yang sudah dikenal sebagai bandar situs judi slot online terbaik dan terpercaya di indonesia. situs slot obor 138 juga menyediakan banyak permainan slot yang pastinya gacor yang mudah meraih kemenangan
    situs slot obor 138

    ReplyDelete
  19. OBOR138 bisa menjadi tempat hiburan yang menarik sekaligus juga bisa merasakan sensasi permainan yang seru juga sangat menguntungkan dalam finansial.
    obor 138 slot
    slot online terpercaya

    ReplyDelete
  20. Saya suka info berharga yang Anda berikan di artikel Anda. Saya akan mem-bookmark blog Anda dan sering-sering memeriksanya lagi di sini. Saya cukup yakin saya akan belajar banyak hal baru di sini! Semoga sukses untuk selanjutnya!

    HADIAH TOGEL PALING TINGGI DI INDONESIA : 4D = 9800x , 3D = 980x , 2D = 98x

    Nama : SHIOHK
    Link Daftar : www.shiohk.com
    WA : +6285973162437

    BANDAR TOGEL HONGKONG TERPERCAYA DAN TERAMAN DI INDONESIA

    ReplyDelete
  21. Kelola bankroll: Tentukan jumlah uang yang dapat Anda pertaruhkan pada permainan judi slot gacor dan jangan melebihi batas itu. Pastikan untuk mengelola bankroll Anda dengan baik dan tidak tergoda untuk terus bermain meskipun mengalami kerugian.

    ReplyDelete
  22. Situs yang banyak berikan informasi. Thanks
    slot rusia777
    rusia777 login

    ReplyDelete
  23. Poin yang sangat bagus sama sekali, Anda baru saja mendapatkan pembaca baru..
    kaikoslot
    login kaiko slot
    link kaikoslot

    ReplyDelete
  24. Ketika seseorang menulis artikel, dia menyimpannya
    pemikiran pengguna dalam pikirannya bahwa bagaimana pengguna dapat mengetahuinya.
    Jadi itulah mengapa artikel ini luar biasa. Terima kasih!
    pentaslot
    situs judi slot

    ReplyDelete
  25. Rans4d
    telah hadir situs gacor mudah mandapat kenyaman kepada kalian cukup dangan bermodal kecil dan main di mana saja sudah bisa ngerasakan sensasi situs gacor

    ReplyDelete

Advertising